Wabup Yusuf Resmikan Gedung Ikawangi Sorong

0
173

Wabup-Yusuf-Widyatmoko-meresmikan-Gedung-Serbaguna-Ikawangi-Sorong-bersama-Wagub-Papua-Barat,-Irene-Manibuy,-dan-Bupati-Sorong,-Stephanus-Malak,-Minggu-lalu

SORONG – Para diaspora Banyuwangi yang tersebar di sejumlah daerah dan berbagai penjuru dunia semakin  menunjukkan eksistensinya. Seperti dilakukan Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Sorong, Papua  Barat. Para diaspora  Banyuwangi yang tinggal di Sorong tersebut telah menuntaskan pembangunan
gedung khusus Ikawangi di tanah Papua.

Peresmian gedung serbaguna Ikawangi Sorong itu dilakukan langsung Wakil Gubernur (Wagub) Papua Barat, Irene Manibuy, bersama Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko. Prosesi peresmian dikemas dalam acara bertajuk “Semarak Sewindu Ikawangi Sorong” pada Minggu (10/4).

Loading...

Selain Wagub Irene dan Wabup Yusuf, hadir dalam acara tersebut Bupati Sorong, Stephanus Malak; Wabup Sorong, Suka Harjana; Ketua DPRD Sorong, serta sejumlah pengusaha Sorong. Dalam sambutannya, Wabup  Yusuf menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Sorong   yang telah memperhatikan  warga Banyuwangi.

Dia berharap warga Banyuwangi di Sorong terus menjaga kerukunan  dan kekompakan. “Kami juga berharap warga asal Banyuwangi bisa memberikan kontribusi lebih dalam membangun Kota Sorong,” ujarnya. Gedung pertemuan yang diberi nama Gedung Ikawangi itu dibangun mulai tahun  2014.

Bangunan seluas 224 meter persegi tersebut difungsikan sebagai tempat pertemuan rutin dan berbagai kegiatan sosial Ikawangi. Anggaran pembangunan gedung yang menelan dana Rp 800 juta itu didapat dari  iuran anggota Ikawangi di Sorong yang mencapai  kurang-lebih delapan ribu  orang.

Selain itu, ada pula bantuan dana dari pemkab setempat. Selain meresmikan Gedung  Serbaguna Ikawangi, Wabup Yusuf juga mengukuhkan anggota kehormatan Ikawangi Sorong. Anggota kehormatan  tersebut terdiri atas empat orang yang merupakan warga Sorong.

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan udheng di kepala anggota kehormatandidampingi Bupati Sorong, Stephanus Malak. Sementara itu, Bupati Stephanus menyampaikan rasa bangga kepada warga Banyuwangi di Sorong. Menurut Stephanus, Ikawangi telah berkontribusi positif dalam menggerakkan perekonomian daerah.

“Kami  ucapkan terima kasih atas  partisipasi warga Banyuwangi yang telah ikut membangun daerah. Semoga hal ini bisa  terus berlanjut. Kepada Pemerintah Banyuwangi kami  juga sampaikan terima kasih atas kepeduliannya kepada warga perantauan di sini. Bapak Wabup Yusuf bersedia  hadir di sini,” kata Bupati Stephanus.

Upacara peresmian kali ini dihadiri seluruh anggota Ikawangi di Sorong. Acara tersebut dimeriahkan berbagai kesenian dan tarian khas Banyuwangi, seperti tari gandrung dan jaranan. Akhir acara ditutup dengan menyanyikan lagu Umbul-umbul Blambangan.  (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :