Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Yusuf Mundur dari Ketum KONI

BANYUWANGI – Tahun 2013 menjadi tahun ujian bagi dunia olahraga di Banyuwangi. Di tengah belum pastinya keberangkatan kontingen Banyuwangi ke Porprov 2013, publik olahraga justru dikejutkan dengan mundur Ketua Umum KONI Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko. Pria yang menjabat sebagai Wakil Bupati Banyuwangi itu menyatakan mundur  dari jabatan puncak induk cabang olahraga di Banyuwangi 28 Mei kemarin.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional. Demi menjaga stabilitas organisasi, Yusuf menunjuk Hendarto (ketua harian) sebagai pelaksana tugas harian (Plh) Ketua Umum KONI. Pengunduran diri wabup dari kursi ketua KONI itu disampaikan pengurus KONI, Roni Adi Dwi Ananta.

Dia menuturkan, dengan pertimbangan matang, orang nomor dua di lingkungan Pemkab Banyuwangi itu memilih mundur sebagai ketua KONI. “Alasannya, demi mematuhi amanat undang-undang,” katanya. Selanjutnya, kata Roni, surat pengunduran diri itu akan dikirim ke KONI Jawa Timur. Disinggung terkait alasan lain di balik pengunduran diri Yusuf, mantan Camat Glagah dan Tegaldimo itu membantah.

Dia menegaskan, pengunduran diri Yusuf murni karena undang-undang. Dijelaskannya, selama ini Yusuf memang jarang aktif di KONI karena kesibukannya sebagai wakil bupati. Roni meminta pengunduran diri itu dipandang sebagai sesuatu yang lumrah dan biasa dalam organisasi. Terkait kejelasan dana Porprov dan kontingen Porprov, Roni yakin Banyuwangi akan tetap bisa berangkat ke Madiun. Apalagi, Yusuf telah menunjuk Plh sebagai pemegang tongkat estafet setelah dirinya mundur dari KONI. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE