Pagu 585 Siswa, Pendaftar 204 Orang

0
274
Ilustrasi

Pendaftar PPDB Jalur online II masih Minim

BANYUWANGI – Peluang emas untuk diterima di SWA atau SMK Negeri di Banyuwangi masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh para siswa lulusan SMP/sederajat di Banyuwangi.

Setidaknya itu tergambar dari masih minimnya jumlah pendaftar pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur pemenuhun pagu alias jalur online session II yang dibuka sejak kemarin (10/7).

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, jumlah pagu yang tersedia pada PPDB Pemenuhan pagu kali ini mencapai 585 siswa. Rinciannya, pagu SMA sebanyak 102 siswa, sedangkan pagu SMK mencapai 483 siswa.

Loading...

Meski jumlah kursi kosong yang tersedia mencapai 585 unit, jumlah calon siswa yang mendaftar PPDB online session ll kali ini cenderung minim. Hingga pukul 16.00 kemarin, total pendaftar hanya 204 orang atau 34,87 persen.

Rinciannya, pendaftar SMA sebanyak 21 orang, sedangkan pendaftar SMK sebanyak 183 orang. Karena jumlah pendaftar masih sangat kecil dibandingkan pagu yang tersedia, maka peluang bagi calon siswa memiliki peluang yang cukup besar untuk diterima di sekolah tujuan.

Karena itu, besar kemungkinan para lulusan SMP akan memanfaatkan hari kedua alias batas akhir PPDB Pemenuhan pagu yang berlangsung hari ini (11/7) untuk mendaftar di SMA atau SMK Negeri.

Sekadar diketahui, PPDB pemenuhan pagu dibuka sejak pukul 00.00 kemarin hingga pukul 23.59 hari ini. PPDB online session II tersebut hanya diperuntukkan bagi calon siswa yang belum diterima baik pilihan satu maupun dua pada PPDB online.

Sebaliknya, siswa yang telah diterima pada seleksi PPDB SMA/SMK Jatim tidak dapat mengikuti pemenuhan pagu, baik sudah maupun yang belum melakukan daftar ulang. Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim Wilayah Banyuwangi, Istu Handono, mengatakan PPDB online sesi II dibuka khusus untuk SMA dan SMK yang pagunya belum terpenuhi.

“Di Banyuwangi ada empat SMA yang pagunya belum terpenuhi pada PPDB online yang pertama. Sedangkan untuk kategori SMK, kecuali SMKN 1 Banyuwangi, semua SMK negeri lain pagunya belum terpenuhi,” ujarnya kemarin.

Istu menambahkan, PPDB online session II akan dibuka hingga pukul 23.59 malam ini. “Bagi lulusan SMP/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di SMA atau SMK Negeri dan belum diterima pada PPDB online lalu, silakan memanfaatkan PPDB pemenuhan pagu,” pungkasnya. (radar)

loading...