Kena Serangan Hacker, PPDB Hari Pertama Kacau

0
508

OSIS-SMAN-1-Glagah-membantu-menerima-berkas-pendaftaran-peserta-didik-baru.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GIRI – Hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur online sedikit mengalami kendala. Proses input data terjadi kekacauan, sehingga sistem pendaftaran yang ditargetkan bisa diakses pada pukul 08.00 nyatanya baru bisa dibuka pukul 09.15.

Hal tersebut otomatis membuat para orang tua siswa yang ingin dibantu pendaftarannya semakin memadati meja operator PPDB di se kolah-sekolah. Seperti di SMPN  1 Giri, sejak pagi orang tua siswa sudah datang mendaftar. Tak sedikit orang tua siswa memilih mendatangi  kantor Dinas Pendidikan Banyuwangi.

“Kami sudah berusaha memasukkan data sesuai petunjuk, tapi tetap saja tidak bisa diakses. Kasihan pendaftar harus berlama-lama memasukkan data,’’ keluh Suhaili, warga Lateng, yang mengantarkan keponakannya  mendaftar PPDB.

Meski sistem pendaftaran bisa dibuka, permasalahan lain muncul saat terjadi beberapa kesalahan teknis. Seperti nilai siswa yang tidak muncul. Kemudian, ada pula cetakan bukti pendaftaran yang kosong. Hal tersebut membuat  proses pendaftaran menjadi lebih lama. Sebab, operator harus menyelesaikan satu persatu kendala  teknis tersebut.

“Ini ada nilai PKN dan IPS siswa yang hilang ketika didaftarkan operator. Ada juga nilai matematika siswa yang  hilang waktu daftar dari mode umum. Ini tadi ada poin peraturan yang berbeda sama perbup. Kita harus selesaikan dulu satu-satu,” terang Imam, operator PPDB SMPN 1 Giri.

Kendala teknis tersebut sempat disebut-sebut diakibatkan ulah hacker yang sengaja mengacaukan sistem untuk memanipulasi data. Kejadian semacam itu sering terjadi secara acak, terutama saat PPDB berlangsung.

“Ada indikasi  ini ulah hacker. Karena sering seperti ini, padahal waktu simulasi lancar-lancar saja,” ujar Khoiri, salah seorang operator. Sementara itu, Kasi SMP dan SMA Dinas Pendidikan Banyuwangi,  Sutikno, mengatakan sejak  pagi memang terjadi kendala  teknis.

Terutama disebabkan banyaknya pendaftar yang mengakses website PPDB dalam waktu bersamaan. Kosongnya nilai yang menimpa beberapa  pendaftar terjadi karena efek  lambatnya jaringan.  Selain itu, ada beberapa sekolah yang memang belum mengisikan  nilai murid mereka secara utuh  ke database Dispendik Banyuwangi.  Hal itulah yang menimbulkan  permasalahan saat PPDB  online hari pertama.

“Kita terus  perbaiki, insya-Allah besok sudah  bisa diakses dengan mudah. Ada kemungkinan juga hacker bermain. Tapi operator kita sudah  siap,’’ jelas Sutikno. Tahun sebelumnya, kejadian  yang sama terjadi dalam penyelenggaraan  PPDB online.

Bahkan, sampai hari ketiga masih ditemukan kendala teknis seperti nilai tidak masuk dan sistem yang tidak bisa dibuka. Tahun ini Dinas Pendidikan melakukan perbaikan engan menggunakan panitia lokal dan jaringan lokal untuk mem permudah proses PPDB.

Sebab, tahun sebelumnya sistem PPDB dikerjakan secara nasional oleh Pustekom. Sehingga, kendala apa pun yang terjadi di lapangan harus menanti perbaikan oleh operator pusat. “Tahun ini kita kerjasama dengan Dishubkominfo dan Telkom. Termasuk pengadaan server sendiri supaya jika ada kendala bisa ditangani langsung,” ujar Kepala Dispendik Banyuwangi,  Sulihtiyono. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :