130 Hektare Hutan Terbakar

0
905

TEGALDLIMO – Hutan lindung di wilayah Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) wilayah Desa Kalipait, Kecamatan  Tegaldlimo, Banyuwangi,  terbakar kemarin (5/11). Kebakaran yang sudah diketahui sejak Rabu lalu (4/11) itu membakar  sedikitnya 130 hektare hutan  konservasi.

Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah Satu, Balai TNAP,  Ujang Wisnu Bharata, mengatakan hutan yang terbakar itu luasnya sekitar 130 hektare. Hutan yang terbakar itu berada di zona inti rimba  Alas Purwo. Ujang menyebut, lokasi kebakaran itu berada di Blok Goa  Mayangkoro atau sekitar empat  kilometer dari Pos Resort Pancur.

Api hanya membakar daun serasah dan ranting kering di bawah tegakan pohon jati. “Api mudah merembet karena banyak daun jati  yang kering,” terangnya. Ditanya tentang penyebab kebakaran,  Ujang mengaku belum pasti. Hanya, pihaknya menduga kebakaran itu akibat  kesengajaan para pencari madu.

Selain itu, api juga bisa berasal dari sisa ritual  yang ditinggalkan warga. “Orang yang  masuk ke kawasan Taman Nasional Alas Puwo cukup banyak,” ujarnya. Dugaan penyebab kebakaran itu, jelas Ujang, dikuatkan dengan temuan beberapa  barang bukti berupa sisa makanan.

Juga ada mi instan, kopi sachet, sarung, dan beberapa perlengkapan lain. “Syukur api tidak sampai membakar tegakan kayu dan bambu. Api hanya membakar serasah,” jelasnya. Puluhan petugas gabungan Polsek Tegaldlimo, Koramil Tegaldlimo, Polhut Perhutani  Banyuwangi, Balai TNAP, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP), langsung memadamkan api yang membakar  Alas Purwo itu.

“Semua barang bukti berupa sarung, senter, kopi sachet, dan mi instan, kita amankan di polsek,” kata Kapolsek Tegaldlimo  AKP Heri Purnomo. (radar)

Baca :
Perbaiki Teras, Warga Sidodadi Meninggal Kesetrum