Gara-gara Puntung Rokok, Hutan Jati di Banyuwangi Selatan Terbakar

  • Bagikan
Foto: jatimtimes

BANYUWANGI – Kebakaran hutan terjadi di wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Banyuwangi selatan, tepatnya di Dusun Sidodadi, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (11/9/2019).

Dilansir dari suaraindonesia, api yang diduga bersumber dari puntung rokok itu seketika membakar hutan jati seluas 1,75 hektare.

Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, kebakaran tersebut diketahui pada siang sekira pukul 11.18 Wib.

“Dugaan sementara api tersulut dari puntung rokok yang dibuang oleh sekelompok orang yang melakukan perburuan di area hutan produksi kayu jati dengan luas baku 29,90 hektare tersebut. Api kemudian menyebar dan membakar dedaunan dan ranting-ranting kering yang berjatuhan,” kata Eka.

Beruntung, petugas patroli yang mengetahui kebakaran itu bertindak dengan cepat memadamkan api, sehingga kebakaran tidak sampai menyebar dan membakar keseluruhan hutan. Bersama warga dan anggota Kepolisian setempat, petugas patroli Perhutani lekas memadamkan api tersebut.

“Petugas yang mengetahui itu, lekas memadamkan dan mencegah api agar tidak meluas,” katanya.

Tak sampai satu jam, lanjutnya, api sudah bisa dipadamkan. Petugas menggunakan alat seadanya, seperti sapu dari bambu dan cangkul atau alat penggaruk untuk membuat ilaran atau sekat bakar.

Setelah api berhasil padam secara keseluruhan, kemudian petugas melakukan himbauan terhadap masyarakat sekitar, agar tidak membuang puntung rokok di area hutan jati tersebut. (KabarBanyuwangi)

Baca :
184 Desa di Banyuwangi Rawan Banjir Jelang Musim Hujan, BPBD Imbau Waspada
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: