16 Kecamatan Diguyur Abu Raung

0
418

16 Kecamatan Diguyur Abu Raung


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

CLURING – Semburan abu vulkanik Raung kembali “menyapa” warga Kota Gandrung. Sedikitnya 16 kecamatan di wilayah Banyuwangi Selatan diguyur hujan abu vulkanik kemarin (4/8). Wilayah 16 kecamatan yang mendapat kiriman abu Raung itu, diantaranya Kecamatan  Songgon, Sempu, Singojuruh, Rogojampi,  Srono, Cluring, Muncar, Tegaldlimo, Purwoharjo, dan Gambiran.

Kecamatan lain yang  terkena hujan abu itu adalah Kecamatan Genteng, Tegalsari, Bangorejo, Siliragung, Pesanggaran, Glenmore, dan Kalibaru. “Biasanya abunya tipis, tapi  kali ini cukup tebal,” cetus Habib,  45, salah satu warga Dusun Pandan, Desa Kembiritan, Kecamatan  Genteng.

Loading...

Akibat hujan abu vulkanik Raung terlalu tebal, pemilik pabrik selep  gabah itu tidak bisa menjemur  padi. Selain itu, cuaca juga mendung. “Biasanya sangat  panas, tapi sudah dua hari ini tidak bisa jemur padi,” katanya. Akibat cuaca mendung dan hujan abu vulkanik itu, Habib mengaku terpaksa meliburkan karyawan karena tidak bisa melakukan pekerjaan apa pun.

“Saya  hanya buka gilingan padi, tapi juga sepi,” ujarnya. Hujan abu vulkanik Raung juga dirasakan Umi Kulsum, 59, warga Dusun Kedung Pakem, Desa Sarimulyo,  Kecamatan Cluring. Dalam sehari, ibu dua anak itu  mengaku menyapu teras rumahnya  hingga empat kali.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2