Semburan Abu Raung Berkurang

0
526

BANYUWANGI – Kondisi langit wilayah Banyuwangi kota dan sekitarnya pada Senin (10/8) pagi cenderung lebih cerah  daripada dua hari sebelumnya. Kondisi  itu rupanya dipengaruhi semburan Gunung Raung yang mulai berkurang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan  Bencana Daerah ( BPBD) Banyuwangi,  Eka Muharam, menjelaskan gempa tremor Gunung Raung mengalami penurunan dengan amplitude minimal 19 milimeter.

Jauh dari kondisi terakhir, yakni  31 milimeter, pada Rabu (5/8)  lalu. Menurunnya gempa tremor tersebut juga berdampak terhadap menurunnya semburan abu. Bahkan, tidak terlihat semburan abu dari kawah Raung sejak pukul 12.00.

Loading...

Kondisi kawah pun, kata Eka, cenderung stabil meski masih diwarnai gempa tremor. Hal itu menurutnya membuat  angin yang berembus ke arah tenggara hingga ke selatan tidak bermuatan abu seperti biasanya. Hanya saja di wilayah Kecamatan  Glenmore dan Sempu masih tampak pekat karena menjadi  muara angin yang membawa abu vulkanik beberapa waktu sebelumnya.

“Yang terpenting aktivitas warga masih normal, tidak ada  yang terganggu akibat erupsi. Selain itu, kita juga berharap tren menurunnya gempa bisa terus berlanjut,” ujarnya. Sementara itu, terkait kekeringan di beberapa wilayah di Banyuwangi, Eka mengatakan pihaknya tetap melakukan droping air bersih.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2