1September Solar Dex Masuk Banyuwangi

0
1369
NONSUBSIDI: Pengisian bahan bakar solar di SPBU 5468437 Jalan Banterang dekat kantor PLN Banyuwangi.
NONSUBSIDI: Pengisian bahan bakar solar di SPBU 5468437 Jalan Banterang
dekat kantor PLN Banyuwangi.

BANYUWANGI – PT Pertamina (Persero) terus berusaha meningkatkan penjualan BBM nonsubsidi. Hal itu dilakukan dalam rangka penghematan BBM bersubsidi 2012. Salah satu yang dilakukan, mengoperasikan SPBU yang khusus menjual BBM nonsubsidi, termasuk penjualan solar dex (Pertamina dex).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Di Banyuwangi, mulai 1 September masyarakat sudah bisa mendapatkan solar dex (Pertamina dex). Tetapi, tidak semua SPBU menyediakan solar dex. “Untuk sementara, solar dex bisa didapatkan di SPBU 5468437 yang beralamat di Jalan Banterang dekat kantor PLN Banyuwangi,” ujar Sindu Priyo Windoko, staf penjualan Depo Pertamina Banyuwangi, kepada koran ini kemarin.

Loading...

Dijelaskan Sindu, penunjukan SPBU Jalan Banterang banyak pertimbangan. Pertama, karena finansialnya cukup kuat dan omzetnya cukup tinggi dibanding SPBU lain. “Selain itu, SPBU Banterang juga menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah,’’ jelas Sindu. Solar dex, lanjut Sindu, tak ubah nya pertamax dalam premium.

Di pasaran, per liter solar dex dijual Rp 10.500. Harga tersebut fluktuatif karena setiap se puluh hari bisa berubah. Apa beda Pertamina dex de-ngan solar biasa? Dijelaskan Sin du, solar biasa memiliki ka dar sulfur yang lebih tinggi. Dampaknya, di mesin mobil akan terjadi sedimentasi dan mengotori injector, sehingga performa mesin menurun.

Emisi gas buang pun tidak sebersih jika menggunakan solar dex. Untuk memenuhi pangsa pasar Banyuwangi, masih kata Sindu, solar dex langsung dipasok dari Surabaya. Dikonfirmasi terpisah, manajer SPBU Jalan Banterang Munif mengaku siap ditunjuk sebagai penyedia solar dex. “Kami optimistis penjualan solar dex bisa memenuhi target,” kata Munif. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2