35 Tagana Dilatih Deteksi Dini Bencana

0
359

KABAT  – Untuk meningkatkan profesionalisme dalam penanganan bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Banyuwangi mengadakan Pemantapan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang didanai APBD 2012.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tempat pelatihan dipusatkan di Lapangan Desa Tambong, Kecamatan Kabat, selama tiga hari mulai 13-15 Maret 2012. ”Peserta berjumlah 35 orang. Pelatihan ini dibuka oleh Kadinsosnakertrans Iskandar Azis, SH, MM,’’ kata Joko Supeno, panitia pelatihan.

Menurut Kepala Dinsosnakertrans Banyuwangi, Iskandar Azis, tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Taruna Siaga Bencana dalam melaksanakan tugas pada setiap fase bencana dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola manajemen kebencanaan sesuai standar. Mulai dari pendataan sampai mengevakuasi korban bencana.

Loading...

”Diharapkan, para peserta pelatihan mampu melaksanakan tugas di lapangan sebagai anggota Tagana apabila terjadi bencana,’’ kata Iskandar. Kasi Kepahlawanan dan PSKS Dinsosnakertrans, Joko Supeno, menambahkan dalam
kegiatan tersebut, pemateri pelatihan berasal dari BMKG Banyuwangi, RAPI Banyuwangi, Basarnas, Forum PSM, Unsur Tagana dan Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi.

”Peserta mendapatkan materi tentang deteksi dini bencana, pengetahuan caraka, pengaturan dasar navigasi, dinamika kelompok, serta materi yang lainnya,’’ pungkas Joko.  (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2