Berita Terkini Seputar Banyuwangi

5 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Secara Alami

Cara menghilangkan ketombe – Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang cukup serius. Masalah ini membuat penampilan rambut menjadi tidak indah karena bisa muncul di permukaan rambut seperti salju yang rontok mengotori baju dan mengganggu penampilanmu.

Sebagai tambahan informasi, ketombe merupakan kulit kepala yang mati, mengering kemudian mengelupas. Orang yang berpotensi mengalami masalah ketombe adalah orang yang memiliki rambut dan kulit kepala kering. Jika tidak segera diatasi, ketombe bisa menyebabkan masalah lain seperti gatal, rambut rontok, dan menjadikan kulit kepala tidak sehat. Karena itu diperlukan cara yang tepat agar ketombe tersebut bisa hilang dalam waktu singkat.

Selama ini orang menghilangkan ketombenya dengan menggunakan sampo, namun kenyataannya sampo biasa saja tidak akan cukup untuk mengatasinya. Bagi kamu yang bermasalah dengan ketombe yang membandel, simak cara menghilangkan ketombe yang tepat berikut ini:

1. Jeruk Nipis                                     

Jeruk nipis banyak dijadikan sebagai minuman segar namun menyehatkan. Banyak yang menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi asam lambung dan juga sebagai salah satu bahan alami ramuan untuk menurunkan berat badan atau diet. Selain bermanfaat untuk kesehatan, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan rambut termasuk sebagai penghilang ketombe karena kaya akan kandungan vitamin C, B1, B2, B3, B5, kalium, asam folat, zat besi, magnesium, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi ketombe dengan bahan ini pun sangat mudah yaitu peras jeruk nipis. Setelah itu oleskan ke seluruh permukaan kulit sambil lakukan pijatan lembut di kepala. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin, lalu lanjutkan dengan keramas. Lakukan cara ini satu kali sehari agar hasilnya cepat terlihat.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang sangat bagus untuk kecantikan dan kesehatan. Khusus kecantikan, lidah buaya dipercaya bisa digunakan untuk menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, dan melebatkan rambut. Kandungan pada lidah buaya ini sangat lengkap seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan berbagai macam vitamin yang kandungannya tersebut juga bagus untuk menghilangkan masalah ketombe.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah sekali yaitu ambil lidah buaya dengan ukuran sedang. Cuci bersih lidah buaya tersebut sampai getahnya hilang, setelah itu bagi atau belah lidah buaya menjadi dua bagian, oleskan gel lidah buaya yang berwarna putih ke seluruh kulit kepala.

Jangan hanya mengoleskan gel lidah buaya di permukaan rambut saja, namun gel ini harus digosokkan di kulit kepala secara langsung. Setelah itu lakukan pemijatan secara halus di kulit kepala. Diamkanlah selama 30 menit agar bisa meresap dengan sempurna lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Supaya lebihefektif, kamu bisa lanjutkan dengan keramas biasa.

3. Daun Sirsak

Buah sirsak memiliki warna daging yang putih, rasanya manis dan asam membuat buah ini cocok untuk dijadikan jus maupun minuman menyegarkan lainnya. Yang menarik adalah, tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan namun daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Di dalam daun sirsak ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk obat segala macam tumor. Tidak hanya itu saja kandungan senyawa acetogeninnya bisa digunakan untuk membunuh racun dan juga parasit yang ada di dalam tubuh manusia.Oleh sebab itu daun sirsak dipercaya bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk menghilangkan ketombe.

Caranya pun mudah sekali yaitu dengan menyiapkan beberapa helai atau lembar daun sirsak dengan kondisi yang masih segar. Tumbuklah daun sirsak tersebut agar halus, tambahkan sedikit air agar sari dari daun sirsak tersebut keluar. Setelah itu gunakan hasil tumbukan itu sebagai masker dan jangan lupa untuk memastikan permukaan kulit kepala semuanya terkena bahan alami ini, kemudian diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Lemon

Lemon tidak hanya bisa digunakan sebagai pencerah kulit yang alami saja, namun juga bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Dibandingkan dengan jeruk nipis, kandungan vitamin C pada lemon jauh lebih tinggi sehingga tidak mengherankan jika harganya juga lebih mahal.

Untuk menghilangkan ketombe dengan lemon ini caranya sama dengan jeruk nipis yaitu dengan mengoleskan sari lemon ke seluruh permukaan kulit kepala dengan dipijat-pijat secara halus. Diamkan beberapa saat kemudian bilas menggunakan air bersih.

5. Cuka

Memang tidak ada yang menyangka jika cuka bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Rasanya yang asam membuat parasit yang ada di kulit ini bisa hilang dengan sendirinya.

Yang harus diperhatikan bagi kamu yang ingin menggunakan cara ini adalah jangan menggunakan cuka terlalu banyak, hal itu justru membuat kulit kepala jadi tidak sehat. Selain itu, kamu yang punya kulit sensitif tidak boleh menggunakan cara ini karena bisa menyebabkan rasa perih di kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 1 sdt cuka, oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit kepala, setelah itu diamkan beberapa saat, dan bilas dengan menggunakan air bersih. Jangan terlalu sering menggunakan cara ini, cukup lakukan sebanyak dua kali seminggu.

Ketombe Muncul Kembali

Setelah sempat hilang, ada beberapa orang yang mengeluhkan jika tidak lama setelah itu ketombe di kepalanya timbul kembali. Memang secara alami ketombe bisa mudah timbul karena beberapa hal yang perlu diwaspadai dan juga wajib kamu ketahui.

Penyebab yang pertama adalah salah dalam menggunakan shampoo. Untuk hasil yang maksimal dan mencegah timbulnya ketombe gantilah shampoo kamu saat ini dengan shampoo yang ada kandungan selenium sulfide. Hindari bergonta-ganti produk shampoo karena bisa memicu ketombe.

Tidak hanya itu saja, pastikan saat membilasnya benar-benar bersih karena sisa sampo yang menempel di kulit kepala bisa menyebabkan ketombe.

Penyebab terakhir adalah kurang menjaga kebersihan rambut. Orang yang jarang keramas lebih rentan terkena ketombe dibandingkan dengan orang yang keramas dua kali dalam sehari. Demikianlah cara menghilangkan ketombe yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE