Ada Jaran Kencak dan ondel- ondel di Jajang Surat

0
2136

ROGOJAMPI – Warga Dusun Jajang Surat, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, punya tradisi unik. Mereka menggelar pawai puluhan jaran kencak dan ondel- ondel untuk memeriahkan tahun baru Islam.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pawai puluhan jaran kencak itu berlangsung di jalanan Dusun Jajang Surat siang kemarin (7/11). Meski cuaca panas membakar jalanan kampung siang itu, ratusan anak bersama grup hadrah tampil penuh semangat.

Mereka berjalan menyusuri rute yang telah ditetapkan sejak pukul 12.00.  Selain barisan anak-anak, yang menarik perhatian warga adalah kesenian jaran kencak. Ada sedikitnya 20 ekor jaran kencak yang berpartisipasi dalam pawai tersebut.

Kuda-kuda yang sudah didandani dengan perlengkapan berbahan kain dan manik-manik itu berkumpul di pertigaan Dusun lajang Surat. Tak ketinggalan beberapa kereta kuda dan puluhan grup hadrah juga turut bersiap-siap.

Setelah semua berkumpul, sekitar pukul 14.30 iring-iringan kuda hias itu berjalan mengelilingi jalan desa. Mereka juga melewati rute tengah keramaian di Pasar Rogojampi. Sepanjang jalan, kuda kencak itu mengikuti iring- iringan lagu yang dimainkan grup hadrah.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last