Beranda Sosial Ahli Cagar Budaya Teliti Situs Macan Putih

Ahli Cagar Budaya Teliti Situs Macan Putih

0
2275

anggota-tim-ahli-cagar-budaya-disbudpar-provinsi-jawa-timur-meneliti-situs-kerajaan-macan-putih-di-desa-macan-putih-kecamatan-kabat-banyuwangi-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KABAT – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur bersama anggota tim ahli cagar budaya Provinsi Jawa Timur, melakukan pemetaan dan penelitian cagar budaya situs Kerajaan Macan Putih, di Desa Macan Putih,  Kecamatan Kabat, kemarin (19/10).

Kepala Bidang Kebudayaan, Disbudpar Banyuwangi, Choliqul Ridlo mengatakan, kegiatan penelitian bersama anggota tim ahli cagar budaya Provinsi Jawa Timur itu merupakan usul dari Disbudpar Banyuwangi. Pihaknya meminta tim Disbudpar Provinsi Jatim bersama ahli cagar budaya melakukan penelitian dan kajian  terhadap sumber daya arkeologi di Desa  Macan Putih. Sebab, di Desa Macan Putih  itu, kata dia, dulu ada Kerajaan Macan Putih.

“Sebetulnya sudah beberapa kali dilakukan peneliti dari beberapa perguruan negeri, sayangnya berhenti dan tidak  berkelanjutan,” ungkap Ridho.  Jika ada tindak lanjut dan rutinitas  penelitian oleh tim ahli cagar budaya provinsi, terang dia, maka akan lebih konkret dan mengerucut.

Loading...

Harapannya, melalui kewenangan Disbudpar bisa menggandeng lembaga ahli lain untuk meneliti situs Macan Putih. “Harapan kami akan ada sebuah  pencerahan sumber daya arkeologi, dan bisa muncul destinasi wisata sejarah baru di Banyuwangi,” cetusnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

error: Uppss.......!