Ajari Anak Sikat Gigi Sejak Dini

  • Bagikan

ajariTim RSAH Lakukan Sosialisasi Bagi Orang Tua dan Anak

GENTENG – Ajari anak menyikat gigi sedini mungkin. Itulah salah satu isi materi yang disampaikan oleh Tim Rumah Sakit Al Huda (RSAH) dalam acara sosialisasi kesehatan gigi dan mulut di Play Group Nurul Huda Genteng, Rabu (15/5) lalu. Kegiatan itu sendiri diisi dengan pemberian materi tentang perawatan gigi bagi anak dan pemeriksaan gigi oleh dokter gigi. Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 46 wali murid dari Play Group Nurul Huda Genteng.

Acara ini merupakan bentuk kepedulian RS Al Huda terhadap perkembangan anak, terutama dalam menanamkan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Drg. Umu Habibah, dokter gigi di RS Al Huda yang sekaligus sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut menjelaskan, orang tua adalah fi gur yang memiliki peranan penting dalam memberikan pengawasan dan pembelajaran kepada anak terhadap segala kegiatan maupun pola hidup keseharian di dalam rumah.

Salah satunya dalam hal mengajari anak untuk menyikat gigi. “Orang tua memegang peranan yang penting dalam hal kesehatan anak dan salah satunya tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikat gigi secara teratur,” ujarnya. Menyikat gigi, kata dia, harus dilakukan oleh anak-anak sedini mungkin. Ada beberapa teknik dalam menyikat gigi. Salah satunya yang paling aman dan sering digunakan oleh anak-anak adalah teknik roll atau biasa disebut teknik memutar.

“Teknik ini adalah cara menyikat gigi dengan gerakan memutar mulai dari permukaan kunyah gigi belakang, gusi, dan sisanya seluruh permukaan gigi,” jelas Umu. Dijelaskannya, menggunakan teknik ini memungkinkan pembersihan gigi dan gusi tanpa menekan sulkus (celah di antara gigi dangusi). Di mana bulu sikat diletakkan sejajar dan berlawanan dengan gusi. Sedangkan kepala sikat sejajar dataran oklusal (permukaan gigi).

Dengan adanya kegiatan ini, tambahnya, diharapkan wali murid khususnya dapat memahami dan menumbuhkan ke inginan dan motivasi pada anak untuk rajin menggosok gigi, minimal dua kali dalam satu hari. “Sehingga dengan de mikian diharapkan  kesehatan gigi anak dapat terjaga dan tidak ada lagi keluhan sakit pada gigi maupun gusi mereka,” kata drg. Umu. Melalui pemeriksaan gigi ini dapat dijadikan contoh bagi murid play group tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Baca :
Sudah 2 Kali Vaksin, Masih Terpapar Covid-19

Jika mereka sudah membiasakan diri untuk rajin menggosok gigi, maka gigi mereka akan terlihat putih dan bersih.“Sebaliknya apabila malas menggosok gigi maka akan banyak kuman sehingga gigi akan mudah berlubang dan se ring sakit gigi,” ujar Umu di hadapan para peserta. Umu menambahkan, pemeriksaan gigi yang dilakukan ini ada lah sebagai pemeriksaan awal saja.

“Sedangkan untuk gigi murid yang bermasalah dan perlu segera mendapatkan penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan di RS Al Huda Genteng,” pungkasnya.Untuk klinik Gigidi RS Al Huda sendiri memberikan layanan setiap hari kerja Senin- Sabtu pukul 07.00 s/d 14.00 WIB dan pukul 16.00 s/d 20.30 WIB, pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat hubungi (0333) 842033 ext 426. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: