Amankan Pelabuhan, Kerahkan Anjing Pelacak

0
297


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Sesuai agenda, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, beserta rombongan akan berlibur ke Pulau Bali. Raja Salman dan rombongan akan melakukan liburan di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 4–9 Maret mendatang.

Peningkatan pengaman di Pelabuhan Penyeberangan PT ASDP Ketapang sudah mulai di tingkatkan sejak beberapa hari lalu. Peningkatan pengamanan di pelabuhan itu dilakukan oleh gabungan personel Polres Banyuwangi dari satuan Sabhara, Satpolair, Satlantas,  dan Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi (KPT).

Selain itu, dua anjing pelacak dari Unit Satwa Sabhara Polres Banyuwangi juga dikerahkan untuk memberikan jaminan pengamanan di jalur menuju Pulau Bali melalui jalur darat tersebut. Kasatsabhara AKP Basori Alwi, mengatakan bahan peledak,  senjata tajam, narkoba, dan  barang bawaan lain, menjadi fokus personel gabungan dalam pengamanan khusus jelang kedatangan Raja Salman ke Bali  sejak 4 Maret 2017 besok itu.

”Tim gabungan harus melakukan pengamanan ekstra selama kunjungan tamu negara dari ArabSaudi itu,” tegas Basori. Pengetatan pengamanan dilakukan kepolisian selama 24 jam  nonstop. Meski sejatinya dalam hari-hari biasa pengamanan  sudah dilakukan selama 24 jam,  tapi khusus kedatangan Raja Arab Saudi ini jumlah personel dan pengetatan pengaman ditingkatkan lagi.

”Operasi dilakukan  sampai Raja Salman pulang dari Pulau Bali,” tandasnya. Sebelumnya, kegiatan pengamanan di Pelabuhan Ketapang sudah diawali tim yang dipimpin Wakapolres Banyuwangi, Kompol Muhammad Yusuf Usman, padaSenin (28/2) kemarin.

Saat itu Wakapolres didampingi Kasatlantas AKP Ries Andrianto Nugroho membuka kegiatan pengetatan pengamanan pelabuhan. Selang sehari, ganti tim gabungan Satpolair, KUPP Ketapang, OPP Gilimanuk, ASDP Ketapang, dan Gapasdap, melakukan kegiatan serupa.

Bedanya titik operasi fokus pada moda transportasi laut yang biasanya melayani pelayaran Gilimanuk–Ketapang dan sebaliknya. Kasatpolair Polres Banyuwangi, AKP Subandi, mengatakan khusus pengamanan di jalur laut Selat Bali, pihaknya mengerahkan tigaunit kapal patroli laut polisi. Dua unit kapal milik Satpolair Polres Banyuwangi dan sisanya bantuan pengamanan dari Polda Jatim.

”Kita juga di-back up kapal daripolda. Peningkatan pengamanan kami fokuskan di Selat Bali selama 24 jam,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :