Amankan Pilkades Serentak, Polres Banyuwangi Kerahkan 2.470 Personel

0
159
Ilustrasi

BANYUWANGI – Untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2017, Polres Banyuwangi menerjunkan 2.470 personel. Kiman personel anggota Polri itu akan dikerahkan pada setiap tahap pelaksanaan Pilkades hingga pelantikan kader terpilih.

Kabag Ops Palres Kompol Syamsudin mengatakan, secara strategis dan teknis pihaknya telah mengam bil langkah awal untuk menjaga kondisi keamanan jelang pelaksanaan Pilkades.

Mulai dari tahap pendaftaran calon, penetapan calon, kampanye, hinga waktu pemungutan suara termasuk waktu pelaksanaan pelantikan kepala desa terpilih. Tidak hanya itu, saat ini dia juga tengah mélakukan pemetaan daerah yang dianggap rawan menimbulkan gejolak dalam pelaksanaan Pilkades.

Termasuk juga mendata permasalahan yang berpotensi muncul di masing-masing desa, serta mencarikan solusi dengan berkoordinasi dengan Pemkab Banyuwangi. “Daerah mana saja yang kami anggap rawan dan perlu penyiagaan personel tambahan, masih kami petakan,” ungkapnya.

Syamsudin menjelaskan, untuk tahap pendaftaran hingga penetapan calon kepala desa di 51 desa yang akan menggelar Pilkades, pihaknya akan menyiapkan 200 personel yang tersebar di masing-masing desa dibantu oleh polsek jajaran masing-masing wilayah.

Sementara untuk tahap waktu pelaksanaan masa kampanye, pihaknya telah mem-plot 400 personel selama waktu kampanye mulai 1-4 November 2017. “Hari tenang juga tidak luput dari pengawasan kita, untuk tetap siaga dan kita pantau agar tidak terjadi kerawanan yang berujung pada tindakan kecurangan dan hal lainnya,” terang Syamsudin.

Pada tahap waktu pelaksanaan pemungutan suara atau pencoblosan, jumlah personel akan disiagakan lebih banyak yakni 850 personel. Termasuk juga akan ditambah personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Brimob Polda Jatim sebanyak 100 personeL dan dari Polres jajaran seperti dari Polres Jember, Lumajang, Siubondo, Bondowoso, dan Probolinggo sebanyak 120 personel.

“Semua tahap pelaksanaan Pilkades sudah kami plot personel yang bertugas. Belum lagi akan dibantu dari pasukan TNI AD, TNI AL, Satpol PP dan satuan Linmas di masing-masinng desa. Termasuk juga waktu pelaksamaan pelantikan kepala desa terpilih,” tandasnya. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :