Anas-Joni Ikut Uji Kelayakan Cabup

  • Bagikan

BANYUWANGI – Seleksi bakal calon bupati (cabup) di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memasuki tahap menentukan. Dua di antara lima pendaftar cabup PKB menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test  di kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Surabaya, Sabtu lalu (13/6).

Informasi yang berhasil dikumpulkan Jawa Pos Radar Banyuwangi,  fit and proper test kandidat cabup PKB diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Selain  kandidat asal Banyuwangi, uji kelayakan dan kepatutan tersebut juga diikuti para kandidat cabup atau calon walikota (cawali) asal 18 kabupaten/kota lain yang  menggelar Pemilukada serentak  di Jatim tahun 2015 ini.

Dua kandidat cabup Banyuwangi yang hadir pada fit and proper test adalah Ketua Tanfidz Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB  Banyuwangi, Joni Subagio dan Bupati Abdullah Azwar Anas. Dikonfirmasi usai menghadiri peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Banyuwangi 2015 di Taman Blambangan kemarin (14/6), Anas membenarkan dirinya mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar di kantor DPW PKB Jatim  itu.

“Saya dan sejumlah kandidat asal daerah lain, termasuk para kepala daerah incumbent hadir dan mengikuti fit and proper test tersebut,” ujarnya. Disinggung sebesar apa peluang dia mendapat rekomendasi untuk diusung PKB sebagai cabup Banyuwangi, Anas menegaskan kewenangan rekomendasi tersebut berada di tangan DPP PKB.

Joni Subagio yang dikonfirmasi terpisah, juga tidak menampik dirinya mengikuti fit and proper test yang dihelat di kantor DPW PKB Jatim tersebut. Senada dengan Anas, Joni menegaskan kewenangan menerbitkan rekomendasi siapa cabup yang bakal diusung PKB berada di tangan DPP partai dengan warna kebesaran hijau tersebut.

Namun sayang, ketika ditanya persiapan yang telah dilakukan dalam menyongsong Pilbup 9 Desember mendatang, Joni enggan berkomentar. “Soal itu (persiapan), no comment dulu,” pungkasnya. Untuk diketahui, penjaringan  cabup PKB Banyuwangi berhasil  menarik lima kandidat mendaftarkan diri.

Empat di antara lima pendaftar cabup PKB itu berasal  dari internal alias kader, sedangkan satu pendaftar lain berasal dari eksternal, yakni mantan anggota DPRD asal PDIP, Heru Pratista. Sementara itu, empat kader yang mendaftarkan diri sebagai cabup PKB di antaranya, anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PKB, A Munif Syafaat, Bupati Abdullah  Azwar Anas.

Selain itu, dua pengurus teras Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Banyuwangi  juga mendaftarkan diri sebagai cabup PKB. Mereka adalah Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Banyuwangi, Joni Subagio; Ketua Dewan  Syura DPC PKB, Masrukhin Aba Hidayat. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: