Arus Balik Diprediksi Antre sampai Minggu

0
180

arusbalikKALIPURO – Arus balik menuju Pulau Bali masih terus berlanjut hingga kemarin (5/8). Meski tidak sampai menimbulkan kemacetan, antrean tetap terjadi seperti yang diprediksi pihak PT. ASDP IF Cabang Ketapang. Manager Operasional PT. IF Ketapang, Saharuddin Koto mengakui, gelombang pemudik yang akan kembali ke Pulau Bali akan terus berlanjut. Bahkan, kondisi seperti itu diprediksi terjadi hingga akhir pekan mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi di Pelabuhan Ketapang kemarin, ribuan kendaraan yang hendak menyeberang tampak memadati area pelabuhan. Tidak hanya mobil pribadi yang mendominasi antrean kendaraan di area parkir pelabuhan tersebut, kendaraan roda dua juga terlihat mengantre di halaman parkir pelabuhan di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, itu. Pengalaman tahun sebelumnya, banyak pemudik kembali ke Bali setelah Lebaran Ketupat yang jatuh pada hari ke tujuh Idul Fitri Minggu lalu (3/8). 

Sementara itu, berdasar data yang didapat di Posko Angkutan Lebaran PT. ASDP IF Cabang Ketapang, sampai pukul 14.00 WIB kemarin sudah ada 10.795 penumpang yang menyeberang ke Bali. Kendaraan roda dua yang menyeberang seharian kemarin sebanyak 3.973 unit dan kendaraan roda empat 1.403 unit. Saat dikonfirmasi kemarin, Manager Operasional PT. IF Ketapang, Saharuddin Koto mengatakan, sampai kemarin masih banyak pemudik yang belum balik ke Pulau Bali.

Sebab, berdasar data arus mudik, penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa tercatat 398.000 orang. Kendaraan roda dua yang diseberangkan ke Jawa hingga Lebaran lalu sekintar 90.000 unit, dan kendaraan roda empat sekitar 38 ribu unit. Hingga kemarin belum semua pemudik itu balik ke Pulau Dewata. 

Rinciannya, kendaraan roda dua yang sudah balik sekitar 54 persen, mobil 87 persen, dan penumpang pejalan kaki hanya separo lebih sedikit (55 persen). ”Sampai saat ini belum semua pemudik kembali ke Bali. Minggu arus balik ini saya perkirakan selesai,” tutur Saharuddin. (radar)

Loading...