Bandara Akan Dikelola Pihak Ketiga

0
366
PEMADAM: Salah satu sudut Bandara Blimbingsari di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, kemarin.
PEMADAM: Salah satu sudut Bandara Blimbingsari di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, kemarin.

BANYUWANGI – Bandar Udara (Bandara) Blimbingsari di Kecamatan Rogojampi sebentar lagi tidak akan dikelola Pemkab Banyuwangi. Rencananya, bandara kebanggaan warga Bumi Blambangan tersebut akan ditangani Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Selama dikelola Kemenhub RI, bandara tersebut akan dioperasikan pihak ketiga. “Kemenhub tidak mungkin mengoperasikan sendiri, pasti diberikan kepada pihak ketiga,” jelas Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Adil Achmadiyono, kemarin (4/5).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Rencana penyerahan pengelolaan dan pengoperasian Bandara Blimbingsari kepada Kemenhub RI itu telah disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas melalui Plt Sekkab Banyuwangi, Slamet Karyono, di gedung DPRD Banyuwangi Kamis lalu (3/5). “Pak Sekkab datang untuk menyampaikan itu,” terang Adil. Menurut Adil, kedatangan Plt Sekkab itu bukan hanya memberi tahu terkait penyerahan pengelolaan dan pengoperasian bandara, tapi juga minta persetujuan DPRD. “Syarat penyerahan pengelolaan memang harus mendapat persetujuan DPRD,” katanya.

Apakah legislatif menyetujui permintaan eksekutif? . Adil mengaku belum tahu ke-putusan para wakil rakyat. Se-bab, persetujuan tersebut ha-rus diambil dalam rapat pari-purna. “Kita sudah rapat pim-pinan fraksi, tapi tetap harus diparipurnakan,” ujarnya. Dalam pertemuan bersama pimpinan fraksi, jelas dia, pada umumnya semua fraksi setuju membahas rencana kerja sama dengan Kemenhub RI itu. “Se-mua fraksi di DPRD sudah se-tuju membahas itu,” ujarnya. Selain itu, semua fraksi juga akan membahas pendapatan yang akan diterima Banyuwangi. “Setiap tahun Banyuwangi akan dapat berapa, itu juga akan kita bahas,” ujarnya. (radar)