Banyuwangi Dominasi Pentas Seni Jawa Timur

0
264

SURABAYA – Tim kesenian dan budaya Banyuwangi terpilih mengisi “Gelar Seni Budaya Daerah Jatim” di Surabaya selama tiga hari. Kali ini Banyuwangi akan mengisi acara itu sendirian. Pembukaan acara digelar tadi malam di Taman Budaya Jatim di Jalan Genteng Kali, Surabaya, dan berlangsung hingga Minggu (21/4) mendatang. Pertunjukan seni dan bu daya kali ini bertema “Banyuwangi Sunrise of Java”. Gelar seni budaya daerah merupakan kegiatan rutin Pemprov Jatim. Pada gelaran sebelumnya, acara tersebut diisi beberapa kota.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Namun, bulan ini acara ter sebut sepenuhnya milik Banyuwangi. “Selain akan diisi seni dan budaya, produk UMKM dan kuliner khas Banyuwangi juga akan di pamerkan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Suprayogi. Saat pembukaan acara, beberapa pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya hadir.

Loading...

Dalam pem bu kaan tadi malam (19/4), di tampilkan tari jejer gandrung, tari punjari, dan ditutup dengan pertunjukan seni “Sidopekso Pupus”. Hari Sabtu ini (22/4) akan diisi lomba fashion show mom & kids pesona batik Ja tim. Selain lomba fashion, pergelaran kesenian jaranan buto juga akan meramaikan acara hari ini. Pada malam harinya, beberapa tari dan lagu Banyuwangi akan ditampilkan, seperti tari kebomarcuet, lagu “Kangen Banyuwangi”, tari geredhoan, dan lagu “Perawan Sunthi”.

Pergelaran janger dengan lakon ”Agung Agunge Wong Agung Wilis” akan meramaikan suasana malam Minggu di Surabaya. Hari minggu besok akan dibuka dengan acara lomba senam Lare Osing. Pertunjukan hari terakhir ada lah hiburan gratis dengan menampilkan beberapa artis lokal Banyuwangi. Beberapa artis akan tampil akan menyanyikan lagu-lagu Banyuwangi. “Acara akan ditutup dengan pergelaran tari gebyar barong,” kata Suprayogi. (radar)

Loading...