Banyuwangi Juara 2 Terapkan CAT CPNS

  • Bagikan

BANYUWANGI—Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banyuwangi mendapat penghargaan juara dua dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award pada Rabu (11/6) di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta.

Penghargaan itu diterima Sekretaris Daerah Drs H Slamet Kariyono, M.Si. Kepala BKD Drs Sih Wahyudi, MM dan Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Astorik, S.Sos ikut mendampingi Slamet. Slamet Kariyono mengatakan, penghargaan ini diserahkan saat Rakornas Kepegawaian yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dan Kepala BKN Eko Sutrisno.

Dalam Rakornas yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah dan Kepala BKD seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia ini, Banyuwangi meraih juara dua tingkat nasional dalam kategori implementasi recruitment Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis TI terbaik provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kepala BKD Sih Wahyudi menambahkan, parameter yang digunakan dalam penilaian ini adalah keberhasilan Banyuwangi pada rekruitment calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Tes). Sistem recruitment dengan sistem CAT menggunakan komputer.

CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk  mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Seleksi CPNS sistem CAT  program komputer diciptakan khusus untuk kebutuhan seleksi  CPNS.

“Soal-soal CPNS yang telah ditetapkan panitia disajikan dalam bentuk program komputer dan proses seleksi bisa dilakukan cukup melalui layar komputer dengan instruksi khusus. Pelamar yang telah melalui prosedur khusus melaksanakan ujian CPNS pada  komputer tersebut,” jelas Sih Wahyudi. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: