Baru Nasdem yang Mendaftar Pemilu

0
373

BANYUWANGI – Pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2014, masih minim. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi hingga kemarin (26/8), baru menerima pendaftaran satu parpol saja. Satu-satunya parpol yang sudah mendaftar di KPU adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Sedangkan parpol lainnya sama sekali belum ada yang mendaftar. “Partai Nasdem memasukkan berkasnya pada 10 Agustus 2012 lalu,” ungkap anggota KPU, Irfan Hidayat.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pembukaan pendaftaran calon peserta Pemilu 2014, jelas Irfan, dibuka sejak 10 Agustus dan akan berakhir pada 27 September mendatang. Semua parpol calon peserta pemilu wajib untuk mendaftar. Pendaftaran itu, lanjut Irfan, dalam rangka untuk proses verii kasi. Proses verifikasi diawali di tingkat nasional pada dewan pimpinan pusat (DPP) masing-masing parpol. Setelah lolos verifikasi tingkat nasional baru dilanjutkan pada verii kasi tingkat provinsi.

Loading...

Verifikasi tingkat kabupaten, baru dilakukan setelah lolos verii kasi provinsi. “Verii kasi dilakukan hingga tingkat kecamatan. Setelah dinyatakan lolos verifikasi baru ditetapkan sebagai peserta pemilu,” tegas Irfan. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Jatim. Parpol yang belum mendaftar masih ada kesempatan untuk memasukkan berkas, karena waktu masih satu bulan lagi.

Sebenarnya, tambah Irfan, pendaftaran parpol lebih cepat lebih baik. Kalau pendaftaran dilakukan lebih awal, jika terjadi kekurangan berkas segera diberitahukan. Sehingga pimpinan parpol memiliki kesempatan untuk melengkapi kekurangan berkas itu. “Tapi kita akan memverifikasi parpol yang lolos verifikasi parpol tingkat nasional,” tambahnya. (radar)