Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

BEC 2013 Catwalk Akan Dipasang Pagar Pembatas

catwalkBANYUWANGI – Rute peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)-3 tahun 2013 tidak mengalami perubahan dari BEC tahun 2012 lalu. Rute yang akan dilalui adalah Jalan Veteran (start), Jalan Susuit Tubun, Jalan PB Sudirman, dan Jalan A.Yani (finish depan kantor Pemkab Banyuwangi). Selama berlangsungnya pergelaran BEC, ruas jalan tersebut akan ditutup untuk kendaraan. Ruas jalan sepanjang enam kilo meter itu akan digunakan sebagai catwalk bagi 150 orang peserta BEC yang pada tahun ini mengambil tema ”kebokeboan”.

Pada 7 September 2013 mendatang, 150 peserta BEC-3 berlenggak-lenggok di catwalk sepanjang enam kilometer Start dari Alun-Alun Taman Blambangan menuju kantor Pemkab Banyuwangi di Jalan A.Yani dengan menggunakan busana yang unik kebo-keboan. “Selain akan digunakan catwalk, ruas jalan itu akan digunakan tempat bagi penonton BEC,” kata Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mochamad Yanuarto Bramuda.

Sepanjang catwalk yang dilalui peserta akan diberi pagar pembatas. Pagar pembatas itu dipasang untuk memisahkan peserta dengan menonton yang datang. Tahun 2012 lalu, ungkap Bramuda, pagar pembatas hanya dipasang sepanjang dua kilometer saja. Sedangkan catwalk sepanjang empat kilometer tidak dipasangi pagar pembatas. Pada pelaksanaan BEC-3 2013 ini, lanjut Bramuda, semua catwalk sepanjang enam kilometer akan di pasang pagar pembatas yang terbuat dari besi. “Pagar pembatas itu dipasang demi kenyamanan dan keamanan penonton menyaksikan acara BEC,” jelas Bramuda.

Saat ini, pagar pembatas yang tersedia baru sekitar dua kilometer. Sedangkan kekurangan akan segera dilengkapi bersama antara panitia bersama dengan pihak sponsor acara. “Sekarang kita sedang melakukan pembicaraan dengan pihak sponsor, insya-Allah mereka sanggup,” katanya. Meski sudah dipasang pagar pembatas, Bramuda berharap masyarakat Banyuwangi memiliki komitmen bersama untuk menjadikan acara BEC itu sebagai tontonan menarik dan tertib. Karena itu, jauh-jauh hari Bramuda menyerukan semua elemen masyarakat Banyuwangi untuk ikut menyukseskan pelaksanaan BEC.

“Ayo kita jadikan acara BEC sebagai tontonan menarik berkelas internasional,” harapnya. Pelaksanaan BEC sudah siap digelar. Semua persiapan pelaksanaan acara itu sudah rampung dilaksanakan. Pada 3 September 2013 besok, panitia akan menggelar acara geladi kotor. Dalam acara itu, semua pengisi acara pembukaan dan penutupan akan dihadirkan untuk dilakukan evaluasi. Selain itu, pada 3 September juga akan digelar penilaian kostum peserta BEC oleh tim juri. “Geladi bersih akan kita gelar pada 6 September atau sehari sebelum acara BEC digelar,” tambah Bramuda. (RADAR)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE