Beras Organik Banyuwangi Tembus Pasar Amerika Serikat

0
486


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Beras organik asal Banyuwangi sudah menembus pasar manca negara. Per bulan, sedikitnya 4 ton beras organik asli Bumi Blambangan, diekspor ke Amerika Serikat.

“Setiap bulan tidak kurang dari 4 ton beras organik asal Banyuwangi dikirim ke Amerika,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan, disela menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Nasional di Kalimantan Selatan, Selasa (1/10/2018).

Dalam pengembangan ke depan, Dinas memiliki mentargetkan tahun 2020 luas tanam padi organik di Banyuwangi dapat mencapai luasan 200 hektar dan bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia). Untuk saat ini, luas persawahan padi organik mencapai 61 hektar.

“Dari angka tersebut 13,5 hektar persawahan padi organik sudah lolos sertifikasi internasional,” jelasnya.

Arief menyampaikan, dalam memenuhi pasar ekspor beras organik ke Amerika Serikat, sampai saat ini petani Banyuwangi masih melalui pihak ketiga.

“Mudah-mudahan hingga tahun 2020 nanti, petani Banyuwangi sudah mampu eskpor beras organik sendiri,” harap Arief.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Banyuwangi, Ilham Juanda menyampaikan, dalam perdagangan global, diperlukan standarisasi demi terjaminnya kualitas produk.

Beras organik sebagai salah satu produk pangan organik unggulan Banyuwangi bahkan Indonesia, membutuhkan perlindungan untuk memastikan petani, pedagang dan konsumen mendapatkan keuntungan yang sama. Serta meningkatkan daya saing produk beras organik lokal.

“Oleh sebab itu, untuk menjaga mutu dari pertanian organik atau produk organik maka diperlukan sertifikasi oleh lembaga sertifikasi pertanian organic,” cetus Ilham Juanda.

Sebagai informasi, Dinas Pertanian Banyuwangi, berhasil mengembangkan produk beras organik, melalui Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Sirtanio, di Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh. Produk yang dikembangkan meliputi beras organik putih, beras merah dan beras hitam.

Atas prestasi tersebut, beras organik Banyuwangi berhasil mendapat sertifikat internasional dari lembaga Control Union. Penghargaan ini diberikan kepada Dinas Pertanian Banyuwangi. Tak hanya itu, Dinas Pertanian Banyuwangi, juga menerima penghargaan dari Menteri Pertanian, Ir Andi Amran Sulaiman.

Loading...

Jasa Kalibrasi Total Station Topcon Gm-55 Murah Hub:0856-0366-2655

Jasa Kalibrasi Total Station Topcon Gm-55 Murah Hub:0856-0366-2655

Contac : Rifat Whatsapp: 0856-0366-2655 Telepon : 0859-2126-4735 Gmail : [email protected] Website : https://www.reselleralatsurvey.com/ Trima Kasih Atas Keja Sama Bapak/ibu…
01/18/2019
KOTA JAKARTA BARAT

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :