Berharap Berkah, Warga Berebut Tumpeng Suro

0
1928
Bupati Abdullah Azwar Anas melepas Kirab Grebeg Tumpeng Suro di Dusun Pekulo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, kemarin (20/9).
Bupati Abdullah Azwar Anas melepas Kirab Grebeg Tumpeng Suro di Dusun Pekulo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, kemarin (20/9).

SRONO – Grebeg Tumpeng Suro yang digelar warga Dusun Pekulo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, berlangsung semarak kemarin (20/9). Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, tampak hadir dalam  acara yang digelar untuk menyambut  datangnya tahun baru Hijriah itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ribuan warga yang datang dari berbagai daerah, tumplek blek di acara ritual yang dipusatkan di jalan simpang tiga Dusun  Pekulo, Desa Kepundungan tersebut. Grebeg Tumpeng Suro yang sudah menjadi  tradisi warga itu, dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Maha  Pencipta. Karena atas karunia-Nya, hasil tanaman sawah milik warga bisa melimpah.

“Saya sangat bangga dengan  masyarakat yang bisa melestarikan tradisi seperti ini,” cetus Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Bupati Anas mengaku sengaja  datang dalam acara ritual ini  untuk ikut dalam memeriahkan tradisi tahunan Tumpeng Suro yang ada di Dusun Pekulo, Desa  Kepundungan.

Loading...

“Saya berusaha menyempatkan untuk ikut dalam acara seperti ini,” katanya.  Dengan nada serius, Bupati Anas menyampaikan sangat terkesan dengan acara Grebeg Tumpeng Suro yang digelar dengan swadaya masyarakat. Semua itu, dilakukan untuk melestarikan tradisi yang ada.

“Saya  sangat senang masyarakat bisa guyub untuk mengikuti acara  ini,” ujarnya. Puncak ritual Grebeg Tumpeng Suro itu ditandai dengan mengarak dua tumpeng raksasa yang ditandu oleh beberapa warga berbadan kekar.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last