Bl: Perekonomian Banyuwangi On The Track

0
821
Foto: banyuwangikab.go.id

BANYUWANGI – Kepala Bank Indonesia (BI) Jember Achmad Bunyamin menilai perekonomian Banyuwangi masih berjalan on the right track. Mulai dari inflasi yang terkendali, angka pertumbuhan ekonominya, hingga perkembangan kredit di Banyuwangi. Hal ini disampaikan Bunyamin saat menghadiri undangan pertemuan coffee morning dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang juga dihadiri kepala Perbankkan se Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata, Senin (21/8).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bunyamin mengatakan, kondisi perekonomian gobal dan nasional kini tengah mengalami perlambatan. Pertumbuhan ekonomi Banyuwangi sendiri, kata dia, meskipun terimbas perlambatan tersebut tetap tumbuh di angka 5,3 persen (2016).

“Pertumbuhan ekonomi Banyuwangi terbilang  baik karena ditopang dengan tingkat inflasi daerah yang rendah. Inflasi Banyuwangi secara year on year (YOY) sebesar 2,68 persen, lebih rendah dari inflasi Jawa Timur dan nasional. Secara umum perekonomian Banyuwangi berada on the right track,” kata Bunyamin.

Loading...

Kondisi perekonomian Banyuwangi yang berjalan baik itu, kata Bunyamin juga tercermin dari serapan kredit yang digelontorkan oleh perbankkan baik nasional maupun swasta di Banyuwangi. Tercatat angka loan to deposit ratio (LDR) atau jumlah kredit yang disalurkan oleh perbankkan mencapai 108 persen dengan non performing loan (NPL) yang rendah. Jumlah LDR tersebut  mencerminkan kinerja perbankkan yang sangat maksimal dalam menyalurkan kredit.

“Kabar baiknya, stuktur kredit yang disalurkan oleh perbankkan di Banyuwangi sebagian besar untuk modal kerja sedangkan kredit konsumtifnya mengalami penurunan. Ini berarti ada nilai tambah karena kredit yang disalurkan untuk kepentingan produktif,” ujar Bunyamin.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2