BMKG: Dua Pekan ke Depan Diguyur Hujan

0
432
Prakirawan Dita di kantor Stasiun BMKG Meteorologi Klas III Banyuwangi

BANYUWANGI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediki cuaca di sebagian besar wilayah Banyuwangi dalam dua pekan ke depan akan tetap terjadi hujan ringan. Hujan tersebut disebabkan Madden Jullian Oscilation (MJO).

MJO adalah situasi atau musiman yang terjadi pada wilayah tropis. Banyuwangi yang termasuk wilayah tropis sekarang mengalami hujan ringan sampai hujan sedang. “Hujan akan melanda wilayah Banyuwangi dalam dua minggu ke depan,” ujar Dita Purnamasari, prakirawan BMKG.

Loading...

Cuaca yang tidak menentu, lanjut Dita, membuat BMKG harus melakukan pemantauan setiap saat untuk melihat perkembangan cuaca yang akan terjadi di Banyuwangi. Seperti hasil pantauan perkembangan cuaca, angin kencang yang dari arah timur membawa awan hitam ke arah barat.

“Setiap harinya akan terjadi hujan ringan. Hujan ringan ini sudah mulai sejak Sabtu (8/7),” cetusnya. Kondisi cuaca seperti ini akan terjadi setiap hari mulai pagi sampai siang. Hujan ringan ditandai mendung yang bervariasi waktunya.

“Cuaca seperti ini diperkirakan akan berakhir pada tanggal 21 Juli 2017,” tegasnya. Tinggi gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter. Kecepatan angin 15 knot atau setara dengan 30 Km/jam.

Sedangkan, untuk suhu minimum 23 derajat Celsius, sedangkan maksimalnya 30 derajat Celsius. Dita mengimbau kepada masyarakat Banyuwangi diharapkan untuk mewaspadai. Bagi masyarakat untuk menjaga kondisi badan karena terjadinya pembahan cuaca yang tidak pasti. Musim pancaroba yang terjadi pada bulan ini di perkirakan akan tetap terjadi dua pekan ke depan. (radar)

loading...