BMKG: Masa Peralihan Musim Lebih Awal

0
364


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Agung Dwi Nugraha, Observer Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada bulan Maret ini, merupakan masa peralihan menuju musim kemarau. Agung mengatakan bahwa saat  ini angin datang dari timur, dari Australia. Itu artinya tidak ada hujan.

“Meski biasanya musim kemarau itu dari April hingga Oktober, tapi saat ini bisa dibilang masa peralihan musim kemarau  maju lebih awal,” ujarnya.  Rahmad Sukardi, Kelompok Masyarakat Pengawas  (Pokmaswas) mengatakan bahwa akhir-akhir ini cuaca dan ombak sudah bagus. Namun di jaman sekarang semuanya sudah tidak bisa dipredisi seperti dulu.

Misalnya manusia, dilihat dari  belakang perempuan, tapi setelah dari depan ternyata laki-laki, begitu sebaliknya. Itu sama halnya dengan cuaca saat ini. “Alhamdulillah, ombaknya sudah bagus mas. Hasil tangkapan semalam (Jum’at) juga banyak, ada yang dapet 60 kg dan ada  pula yang sampai 1 kuintal anaknya ikan tongkol,” ujar Rahmad yang profesinya juga  sebagai nelayan itu kemarin (4/3).

Pada hari Jumat (3/3) terjadi  hujan ringan di sekitar Kota Banyuwangi. Namun tidak di  daerah yang lain, seperti Genteng.  “Kemarin (3/3) itu termasuk hujan lokal. Jika ada hujan di  bulan ini, kemungkinan itu hujan  lokal atau faktor lain seperti gangguan cuaca dan tekanan udara yang rendah,” ujar Agung.

Perlu diketahui, ciri-ciri hujan lokal adalah hujannya hanya sebentar dan areanya yang terkena hujan hanya sebagian kecil. Selain itu perubahan  cuacanya itu cepat. (radar)

Loading...

Baca Juga :