BPBD Tetap Siaga di Lokasi Kebakaran

0
83
Gunung Ringgit masih berasap dan hangus terlihat jelas di Waduk Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo

WONGSOREJO – Tim gabungan dari BPBD Banyuwangi terus memantau lokasi kebakaran hutan di puncak Gunung Ringgit.  Meski medan menuju Gunung Ringgit sulit dijangkau, namun tim gabungan tetap siaga agar area api tidak menyebar menuju permukiman warga.

Tim yang siaga melibatkan polisi hutan, petugas Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).  Menurut data dari BPBD Banyuwangi pukul 08.00 kemarin (2/8), titik api di Gunung Ringgit hilang  dari pantauan.

Pukul 11.00 muncul kembali dua titik api dilihat dari satelit Lapan. Kemudian pukul 14.00 muncul lagi satu titik api sehingga meningkat menjadi  tiga titik api yang ada di lokasi tersebut. “Untuk titik api yang baru jauh dari permukiman warga,” ungkap Anggota BPBD yang  turun ke lokasi, Ade Setiawan.

Loading...

Untuk suhu di lokasi kebakaran  berkisar antara 29 sampai 32 derajad Celcius. Hingga sore kemarin (2/8)  meskipun di daerah Kota Banyuwangi diguyur hujan, namun di sekitar Gunung Ringgit sama sekali tidak hujan.

“Asap masih menebal dan titik api untuk saat ini masih kita pantau terus,” ujar Ade. Kepala bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muhharam mengatakan,  saat ini petugas terus memantau lokasi kebakaran.

Pihaknya terus mempelajari di mana lokasi titik api baru yang muncul karena jika dibiarkan dikhawatirkan akan merambat sampai lahan produktif milik warga. “Untuk lokasi titik api yang baru masih ada di Kecamatan Wongsorejo,”  kata Eka.

BPBD mengimbau kepada warga, khususnya Desa Bajulmati,Wongsorejo dan sekitar lereng Gunung Ringgit, agar  tetap waspada. Sebab, titik api   bisa muncul di mana saja. Warga diharapkan segera melapor  kepada petugas atau aparat jika  lahan pertanian jagung yang ada  di sekitar lereng Gunung Ringgit  dirambati oleh api.

“Kami selalu intens koordinasi dengan pihak terkait lainnya agar musibah ini cepat teratasi dan api segera dipadamkan,” tandas Eka. Diberitakan sebelunya, Gunung Ringgit yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso membara, kemarin.

Api melalap kawasan konservasi dan hutan lindung tersebut terjadi sejak Minggu (30/7). Menurut warga sekitar, lahan hutan yang terbakar jauh dari permukiman penduduk. Api semakin membesar dan terlihat  memerah pada dini hari sekitar pukul 03.00, Selasa kemarin (1/8).

“Api semakin membesar, gunung terlihat memerah dan lahan yang  terbakar cukup luas,” ujar Santoso, 45, warga Desa Bajulmati. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi  sudah memantau dan mendeteksi  lokasi kebakaran.

Di sekitar Gunung Ringgit ada delapan titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan. Delapan titik panas tersebut terdeteksi oleh  satelit milik Lapan. (radar)

loading...
SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

JAYA TEKNIK melayani servis AC KULKAS MESIN CUCI DLL HUB 085321106214 BANYUWANGI KOTA
07/28/2017
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :