Cuaca Buruk, Harga Ikan di Banyuwangi Meroket

0
556
ILUSTRASI

BANYUWANGI – Akibat cuaca yang kurang bersahabat, harga ikan laut di tempat pelelangan ikan Pelabuhan Muncar Banyuwangi naik hampir dua kali lipat. Kenaikan harga ikan laut ini terjadi sejak dua pekan terakhir karena stok ikan laut menurun.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Karena banyak nelayan yang tidak berani melaut,” kata salah satu pedagang ikan laut di tempat pelelangan ikan (TPI) Muncar Banyuwangi, Mahmuda, Senin (04/12/2017).

Mahmuda menjelaskan, harga ikan jenis Lemuru dari sebelumnya Rp. 15.000/kg naik menjadi Rp. 25.000/kg. Sedangkan ikan Cumi dari harga sebelumnya Rp. 25.000/kg naik menjadi Rp.35.000/kg. Kenaikan cukup tinggi pada ikan jenis Tenggiri, dari sebelumnya Rp. 25.000/kg naik menjadi Rp. 65.000/kg.

“Sekarang Cumi ukuran kecil harganya Rp. 25.000 – Rp. 27.000. Kalau yang agak besaran Rp. 35.000 dan yang besaran lagi Rp. 50.000. Mulai hari ini terus naik, tapi nanti tanggal 18 Jawa biasanya mulai ada yang kerja dan akhirnya banyak ikan. Tapi kalau bulan-bulan seperti ini tidak banyak,” kata Mahmuda.

“Kenaikan harga ikan laut ini akan terjadi hingga awal tahun 2018 mendatang. Sebab selain akibat cuaca buruk, permintaan ikan pada saat malam pergantian tahun baru juga tinggi,” imbuhnya.

Salah satu nelayan di Pelabuhan Muncar Banyuwangi, Edi Julianto mengatakan, pada musim hujan ini mencari ikan cukup sulit ditengah laut. Ditambah lagi gelombang laut juga cukup tinggi. Sehingga nelayan harus lebih berhati-hati dan tidak berani melaut lebih jauh.

Edi, yang biasanya sekali melaut bisa mendapatkan ikan hingga 1 kwintal, namun dalam beberapa minggu ini ikan yang didapat rata-rata hanya 30 kilogram.

“Saya hanya bisa pasrah dengan cuaca buruk ini sambil menunggu cuaca di tengah laut kembali membaik,” kata Edi.

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :