Dibuka Penerimaan CPNS, Pemohon SKCK di Mapolres Banyuwangi Membludak

0
527
Seorang petugas Intelkam mengangkat segepok berkas SKCK yang diajukan para pemohon di Mapolres Banyuwangi.

BANYUWANGI – Pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Banyuwangi terus membeludak jelang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sejak sepekan terakhir. Saking banyaknya, tumpukan berkas permohonan SKCK yang diproses baru bisa diserahkan setelah sepekan.

Salah satu petugas SKCK, Aiptu Sarwadi mengatakan, sejak ada penerimaan CPNS, pemohon SKCK mengalami peningkatan cukup signifikan. Kenaikannya 300 persen lebih dibanding hari biasanya. Jika hari biasa permohonan SKCK hanya berkisar 50 pemohon, sejak adanya pengumuman penerimaan CPNS pengurusan permohonan SKCK meningkat hingga 250 pemohon setiap harinya.

Karena banyaknya berkas permohonan yang sangat overload juga memengaruhi waktu penyelesaian SKCK. Kalau hari biasa langsung jadi dan diberikan tidak kurang dari 30 menit. Namun, sejak pemohon membeludak, baru selesai satu pekan.

”Jika normal sehari langsung jadi dan kami serahkan untuk dibawa pulang. Berhubung numpuk, maka kami berikan tenggat waktu seminggu baru bisa diambil,” terang  Sarwadi.

Bagi mereka yang akan mengajukan SKCK, maka kelengkapan yang harus disiapkan yaitu barcode bukti telah mendaftar SKCK online, fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), fotokopi kartu keluarga ( KK), fotokopi akta kelahiran, dan foto berwarna ukuran 4 x 6 sentimeter sebanyak enam lembar.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Saat Rektor Muda, Risa Santoso, Serap Semangat Inovasi dari Banyuwangi