Diisi Senam Lare Osing dan Tari Gandrung Masal

0
467
MERIAH: Penari gandrung memadati ruas Jalan A Yani Banyuwangi pagi kemarin.
MERIAH: Penari gandrung memadatiruas Jalan A Yani Banyuwangi pagi kemarin.
MERIAH: Penari gandrung memadati
ruas Jalan A Yani Banyuwangi pagi kemarin.

Acara car free day pemungkas tahun 2012, berlangsung cukup meriah. Berbagai kesenian dan budaya Banyuwangi ditampilkan untuk menutup event mingguan di tahun 2012 itu. KEGIATAN car free day pada hari Minggu pagi kemarin (30/12) berlangsung tidak seperti biasanya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kalau sebelumnya, kemeriahan hari bebas kendaraan itu baru terjadi sekitar pukul 06.00. Namun yang terjadi kemarin, ratusan warga sudah tumplek blek di Jalan A.Yani sejak pukul 03.30. Mereka adalah para seniman dan
budayawan serta masyarakat umum yang akan mengisi acara car free day edisi pemungkas tahun ini. Berbagai kesenian tampil mengisi acara car free day, antara lain kesenian tari gandrung masal dan tari seblang.

Peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) juga tidak mau ketinggalan ikut meramaikan acara tersebut. Seperti biasanya, acara car free day itu diawali dengan kegiatan senam bersama. Kali ini, senam yang dilakukan berbeda dengan mingu-minggu sebelumnya Senam Lare Osing ini, tidak di miliki daerah lain. Hanya Banyuwangi yang punya,” tutur Bupati Abdullah Azwar Anas.

Loading...

Pada acara car free day kemarin, pemerintah daerah sengaja menampilkan senam Lare Osing. Walau belum begitu lincah, warga cukup menikmati mengikuti senam asli Bumi Blambangan itu. Tari gandrung yang tampil jumlahnya pun tidak sedikit. Yang hadir dalam acara tersebut sebanyak 241 orang penari. Pemkab sengaja mendatangkan jumlah penari gandrung itu, sama dengan peringatan Hari Jadi Banyuwangi pada tahun 2012 ini yang ke-241 tahun.

Penari yang tampil juga cukup kompleks, mulai dari penari dewasa, pelajar hingga penarik cilik dari siswi- siswi taman kanak-kanak (TK). Mereka cukup antusias mengikuti acara hingga pukul 07.00. Para penari gandrung itu, sudah mempersiapkan diri untuk tampil sejak pukul 02.00 dini hari. Mereka rela begadang hanya untuk mengisi acara pemungkas car free day tahun ini. Masyarakat yang datang dalam kegiatan olahraga bersama itu tidak hanya masyarakat umum saja.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2