Dirjen Ekonomi Kreatif Puji Bupati Banyuwangi

0
472

dirjenBANYUWANGI – Banyuwangi mendapatkan kesempatan istimewa dari Pemprov Jatim untuk menampilkan seni dan budaya di Surabaya. Selama tiga hari berturut-turut –mulai Jumat hingga Minggu lalu (21/4)- – potensi wisata dan kesenian tradisional khas Kota Gandrung dipamerkan dalam rangkaian gelar seni budaya 2013 di Taman Budaya Jawa Timur kompleks Gedung Cak Durasim Surabaya.

Pertunjukkan yang bertajuk “Banyuwangi Th e Sunrise of Java” tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prof. Dr. HM. Ahman Sya; Sekdaprov Rasiyo; Bupati Abdullah Azwar Anas; Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko  dan Sekkab Slamet Kariyono. Bupati Anas mengatakan, gelar seni budaya itu merupakan kesempatan baik bagi Banyuwangi untuk promosi potensi wisata dan budaya.

“Kesempatan dari pemerintah provinsi ini memberikan ruang untuk promosi wisata Banyuwangi semakin luas. Ini mendukung upaya kita berbenah meningkatkan kualitas seni dan budaya,” kata Bupati Anas. Berbagai program untuk memajukan seni budaya dan wisata Banyuwangi terus di lakukan oleh Bupati Anas.Salah satunya menghidupkan kembali pertunjukan seni budaya daerah di alun-alun kabupaten setiap malam minggu.

Saat ini, pemerintah daerah sedang merenovasi total sejumlah alun-alun di Banyuwangi. “Ada enam alun-alun kecamatan yang sedang direnovasi dan akan kami tambah lagi di beberapa kecamatan lainnya. Kami ingin alun-alun nantinya berfungsi sebagai tempat pertunjukkan budaya asli daerah,” paparnya. Tidak hanya itu, untuk menghidupkan kembali budaya asli Banyuwangi, Bupati Anas akan memberi insentif bagi penduduk yang mau membangun rumahnya dengan ciri khas rumah Using.

Reward itu berupa bantuan uang Rp 10 Juta itu diberikan untuk mempertahankan ekosistem lingkungan dengan konsep wisata ecotourism yang menonjolkan keaslian potensi alam daerah. “Kami tidak ingin meniru Bali atau daerah lainnya. Kami ingin Banyuwangi memiliki wisata yang maju dan terkenal dengan ciri khas dan keaslian alamnya,” jelas Bupati Anas. Inovasi yang dilakukan Pemkab Banyuwangi memajukan potensi budaya dan wisatanya mendapat apresisasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2