Distribusi Sembako Pakai Perahu

0
129

distribusiSEMENTARA itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi melansir, total rumah yang terendam banjir di Kecamatan Banyuwangi mencapai 851 unit. Rinciannya, 381 rumah berlokasi di Kelurahan Pakis, 295 rumah di Kelurahan Sumberrejo, dan 175 rumah di Kelurahan Sobo. Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Joko Sugeng mengatakan, banjir tersebut juga mengakibatkan satu rumah di Kelurahan Sumberrejo hanyut disapu luapan Sungai Ba gong.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain menghanyutkan satu unit rumah, derasnya arus Sungai Bagong juga mengakibatkan plengsengan sepanjang 15 meter di sungai tersebut ambrol. Informasi di lapangan, rumah yang hanyut ter seret derasnya luapan Sungai Bagong ter sebut milik Abdul Basit, 45. “Awalnya luapan air sungai hanya setinggi dengkul. Saya langsung mengevakuasi ibu saya ke rumah tetangga. Saat saya kembali ke rumah, ternyata rumah saya sudah hanyut,” ujar Basit dengan nada sedih kemarin (4/4).

Loading...

Pasca kejadian, BPBD langsung membagikan bantuan be rupa ratusan paket sembako ke pada warga korban banjir. “Ban tuan makanan kami dahulukan karena sangat mendesak. Bantuan yang lain, kita upayakan segera di realisasikan,” ujarnya saat di konfirmasi di sela pembagian sembako di Lingkungan Pakis Rowo kemarin siang. Menurut Joko, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas kesehatan (Dinkes) Banyuwangi untuk melakukan pengobatan para korban banjir, terutama di Lingkungan Pakis Rowo.

“Sampai siang ini (kemarin) wilayah Pakis Rowo masih terendam. Kami berkoordinasi dengan Dinkes untuk melakukan pengobatan demi mengantisipasi penyakit gatal, terutama bagi anak-anak,” cetusnya. Dikonfirmasi di lokasi yang sama, Camat Banyuwangi, Aziz Hamidi menuturkan, pemerintah akan mengupayakan ban tuan untuk warga yang rumahnya rusak akibat banjir tersebut. “Akan kami upayakan agar warga yang rumahnya rusak dan hanyut dapat bantuan. Tetapi, bantuan utama, yakni sembako, akan kami dahulukan,” kata dia. (radar)

Loading...