Beranda Sosial Disucikan Umat Hindu, Dibuat Tempat Upacara Entas-Entas

Disucikan Umat Hindu, Dibuat Tempat Upacara Entas-Entas

0
1491
Candi Luhur Moksajati Dalem Puri Blambangan di Desa Kemundung, Kecamatan Muncar terlihat indah.
Candi Luhur Moksajati Dalem Puri Blambangan di Desa Kemundung, Kecamatan Muncar terlihat indah.

BANGUNANNYA terlihat cukup eksotis dan menarik. Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari bibir pantai. Di tempat itu, banyak ditumbuhi pepohonan, baik di luar area candi maupun di dalam area.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Di sisi timur, ditandai sebuah candi yang cukup menonjol di antara bangunan lainnya. Selain itu, juga ada petirtan yang dinamakan Gajah Mina, bentuknya cukup menarik dan indah.

Tempat suci yang salah satu kegunaannya untuk upacara entas-entas atau Ngaben Jawa, itu cukup mudah dijangkau. Jika dari jalan simpang empat traffic light Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, ke utara mengikuti jalan raya hingga kantor Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar.

Dari sini, lokasi ini sudah cukup dekat, tinggal mengikuti jalan menuju ke Desa Kumendung, Kecamatan Muncar, dan ada papan penunjuk jalan menuju lokasi. Warga sekitar, juga sudah tidak asing dengan tempat itu.

Loading...

Selain bangunannya yang indah, sebenarnya faktor kunci yang paling utama dari Candi Luhur Moksajati Dalem Puri Blambangan itu adalah lokasinya yang cukup strategis. “Lokasi candi itu memliki tuah dan cukup bersejarah di masa lalu,” cetus Oentoeng Mardianto, salah satu sesepuh umat Hindu yang tinggal di Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!