Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Dosen Harus Aktif Lakukan Penelitian

dosenBANYUWANGI – Puluhan dosen pengajar di Perguruan Tinggi di Banyuwangi mendapat pelatihan penyusunan proposal penelitan di Kampus Stikes Banyuwangi kemarin (18/9). Tema pelatihan ini adalah pengalaman mendapatkan dan mengerjakan hibah penelitian Ditjen Dikti. Untuk mendukung pelaksanaan pelatihan ini, narsumber yang hadir adalah Prof Dr Ir Alex Hartana dari Intitut Pertanian Bogor (IPB), Dr Kahar Muzakhar Phd, dan Prof Dr Ir Mahfud DEA.

Materi yang disajikan adalah sistem informasi manajemen penelitian, kebijakan program dan mekanisme kegiatan penelitian di Dit Litabmas Dikti, penelitian desentralisasi dan kompetitif nasional. Ketua Stikes Banyuwangi, Dr H Soekardjo dalam sambutannya mengatakan, pelatihan tema ini sangat strategis untuk diikuti. Sebab dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten akan dapat mempermudah saat mengerjakan hibah penelitan dari Ditjen Dikti.

Penelitian merupakan salah satu peningkatan kualitas dosen dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Dengan penelitian, setidaknya akan menentukan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai representasi suatu institusi pendidikan. “Oleh karena itu, pengalaman kiatkiat penyusunan proposal hibah ini sangat penting untuk diketahui oleh para dosen,” kata Soekardjo. Dr. Kahar Muzakhar Phd yang memberikan materi Sistem Informasi Managemen Penelitian mengatakan, sistem informasi merupakan sistem pendukung kinerja dokumentasi penelitian internal yang dapat mempermudah dokumentasi penelitian, kemudahan pencarian proposal, hingga laporan berdasarkan atribut tertentu yang berisi judul, peneliti, dan tahun.

“Dengan sistem informasi manajemen ini maka kita dapat kemudahan akses data penelitian hingga memantaunya,” kata Kahar. Sedangkan Prof Dr Ir Alex Hartana mengingatkan agar para dosen menjalankan fungsi tri darma pendidikan secara total. Yakni mendidik, melakukan penelitian, serta mengabdi kepada masyarakat. Perguruan tinggi juga harus berfungsi sebagai tempat untuk mempublikasi sebuahpenemuan. Sebab, setiap penemuan harus disosialisasikan, bukan hanya disimpan sendiri.

“Seorang dosen tidak hanya mengajar, tetapi harus melakukan penelitian-penelitian sesuai tri darma pendidikan. Penelitian merupakan hal yang penting bagi seorang dosen untuk menunjang kompetensi mengajar. Sebab, proses belajar mengajar tidak cukup hanya mengajarkan teori yang monoton. Tetapi butuh dilakukan penelitian sebagai bahan praktikum serta untuk mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju,” tegasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE