Dua Menteri Hadiri Haul Kiai Syafaat

0
1694
Loading...

Di hadapan Menteri Agama dan ribuan jamaah haul, Kiai Hisyam  mengatakan keberadaan Pondok Pesantren Darussalam yang kini sudah dilengkapi berbagai sarana pendidikan, sampai saat ini masih mengutamakan pendidikan diniyah. “Di pondok pesantren wajib diniyah,”  katanya.

Kiai Hisyam mengaku ingin mendirikan Ma’had Aly. Sehingga,   para santri yang telah menyelesaikan pendidikan di diniyah, bisa melanjutkan pendidikannya. “Para santri  itu memiliki kemampuan yang tinggi, santri Darussalam Blokagung itu ada yang juara hingga tingkat  nasional,” ujarnya.

Untuk rencananya itu, Kiai Hiyam akan mengeluarkan aturan baru bagi para mahasiswa IAI Darussalam yang telah diwisuda. Untuk mengam bil ijazah harus mampu dalam materi di sekolah diniyah. “Salah  satu syarat pengambilan ijazah  harus bisa tartilan,” tegasnya.

Menteri Agama RI, Lukman Syaifudin,  dalam sambutannya memuji acara   haul yang juga khataman kitab Ihya Ulumudin dan Tafsir Jalalain. “Dua kitab itu kitab yang agung  di antara khazanah keilmuan Islam yang ada, tafsir itu sangat cocok  untuk memahami kandungan Alquran,”   katanya.

Penguasaan santri terhadap isi dua kitab itu, terang dia, akan menjadi   modal dalam menye barkan Islam dengan cara yang arif dan penuh kesejukan. “Para santri bisa  menjelaskan kepada ma syarakat  luas bahwa Islam itu ajaran yang  menyejukkan umat manusia, sebagai rahmatal lil alamin,” terang putra  mantan Menteri Agama RI KH. Saifuddin Zuhri itu.

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Dilengkapi Wisata Energi Terbarukan, PLN Akan Bangun Pembangkit Tenaga Angin di Banyuwangi