Berdiri Sejak 1951, Awalnya Bangunan Musala Kecil

0
516

TEGALSARI – Pondok Pesantren Darussalam ini merupakan lembaga pendidikan pondok pesantren yang berada di daerah Banyuwangi Selatan Jawa Timur, tepatnya + 12 Km dari kota Genteng dan Jajag serta + 45 Km., dari kota Kabupaten Banyuwangi.

Keadaan lokasi daerah tanahnya subur dan di sebelah barat di batasi oleh Sungai Kali Baru, sebelah selatan merupakan tanah persawahan, di sebelah timur daerah pedesaan dan di sebelah utara persawahan. KH. Mikhtar Syafaat Abdul Ghofur adalah sebagai tokoh utama pendiri Pondok Pesantren Darussalam ini, beliau berasal dari Desa Ploso Klaten, Kediri Jawa Timur.

Jenjang pendidikannya setelah menyelesaikan pendidikan umum, beliau meneruskan pendidikannya di pondok pesantren Tebuireng Jombang Jatim dan Pondok pesantren Jalen, Kecamatan Genteng Banyuwangi selama kurang lebih 23 tahun, beliau belajar di pondok pesantren tersebut. Pada tahun 1949 beliau menikah dengan ibu Nyai Maryam putri dari Bapak Karto Diwiryo yang berasal dari Desa Margo Katon Sayegan, Sleman Yogyakarta, tetapi pada saat itu sudah pindah di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Gambiran (sekarang berubah menjadi Kecamatan Tegalsari) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Loading...

Selama 6 bulan di daerah yang baru ditempati, maka berdatanglah para sahabatnya sewaktu mengaji pada beliau, sehingga hal ini tidak diduga bahwa apa yang diperoleh di Pondok Pesantren sangatlah berguna . Keadaan masyarakat sekitar pada masa itu masih buta agama. Hal ini pernah mengancam pengembangannya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2