Kemenlu Urus Pemulangan Sugiayem

0
640

TEGALSARI – Pemulangan Sugiayem, 40, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Dusun  Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, yang kini sakit parah dan dirawat di General Hospital Taoyuan, Taiwan, kini mulai ada titik terang.

Petugas dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dan ejumlah otoritas ketenagakerjaan datang ke kantor Desa Karangdoro untuk menyelesaikan pemberkasan persyaratan pemulangan Sugiayem.

Divisi Perlindungan, Pos Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja  Indonesia (P4TKI) Kabupaten Banyuwangi, Ali  Mutohar, mengatakan pihaknya bersama Kemenlu RI, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi  (Dinsosnakertran) Kabupaten Banyuwangi,  dan LSM Migran (Bumiwangi dan Garda Buruh Migran Indonesia) sedang melengkapi persyaratan untuk pemulangan Sugiayem.

“Kita buat surat,  seperti keterangan tidak mampu, permohonan pemulangan, dan surat lainnya,” katanya. Dalam pemulangan itu, terang dia, akomodasi  dari Taiwan hingga ke rumah TKI yang bernasib malang itu akan ditanggung secara bersama.

Biaya dari Taiwan hingga Surabaya, itu akan  ditanggung oleh Kemenlu RI. Sementara dari  Surabaya ke rumahnya di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, akan ditanggung oleh pemerintah daerah. Proses evakuasi dari Surabaya hingga ke  rumahnya, ini menjadi pertimbangan tersendiri.

Sebab, penyakit yang diderita Sugiayem itu  penyumbatan pembuluh darah di otak dan harus mendapat penanganan khusus. “Untuk  ambulans mungkin akan pinjam di RSUD dr  Soetomo,” ungkapnya. (radar)

Baca :
Diduga Terlilit Hutang, Seorang Ibu Ditemukan Gantung Diri di Jendela Kamar Gemparkan Warga Tegaldlimo