E-KTP Segera Dicetak di Daerah

0
153

BANYUWANGI – Proses rekam data KTP elektronik (e-KTP) di Banyuwangi mulai melambat. Walau demikian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi masih melayani proses rekam data e-KTP tersebut. Proses rekam data e-KTP tetap di lakukan sebelum deadline yang ditetapkan pemerintah pu sat berakhir. “Jika tidak ada perubahan, perekaman data e-KTP akan ditutup pada Juli mendatang,” ujar Kepala Dispendukcapil Banyuwangi, Sudjani kemarin (12/5).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam rentang Mei hingga Juli 2013 mendatang, Sudjani me ngaku akan memaksimalkan warga untuk sedapat mungkin menyelesaikan perekaman data e-KTP. Saat ini, grafik perekaman data e-KTP sudah cu kup lambat. Dalam sehari, proses rekam data e-KTP antara tujuh hingga 10 orang se tiap kecamatan. Sedangkan perekaman data di kantor Dis penduk berkisar antara 30 hingga 35 orang per hari. “Pelayanan di kantor dinas, warga yang pindah datang dari daerah lain,” timpal Kabid Administrasi Ke pendudukan, H Heru Eko Wahyudi.

Loading...

Deadline yang diberikan pemerintah pusat, kata Heru, memang pada bulan Juli 2013. Namun demikian, pemerintah pusat menargetkan untuk menuntaskan rekam data e-KTP pada tahun 2013. Artinya, kemungkinan rekam data e-KTP masih akan berlanjut hingga akhir tahun 2013 mendatang. “Perekaman e-KTP ditargetkan tuntas tahun 2013 karena pada tahun 2014 KTP lama sudah tidak berlaku lagi,” katanya. Karena itu, semua warga Banyuwangi diminta sudah mengganti KTP lama dengan e-KTP.

Sebab, pada tahun 2014 semua pelayanan hanya akan di layani jika meng gunakan e-KTP. Untuk saat ini, pencetakan e-KTP dilakukan di Jakarta. Proses pencetakan e-KTP, dalam waktu dekat ini akan diserahkan ke daerah masing- masing. “Informasi yang di sampaikan Kemendagri, pada Oktober mendatang proses pencetakan e-KTP akan di serahkanke daerah,” katanya. Walau proses cetaknya di serahkan ke daerah, jelas Heru, namun blangko e-KTP tetap akan disediakan oleh pemerintah pusat. Hanya proses cetaknya yang akan dilakukan daerah. (radar)

Loading...