The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian

PBNU Ikhbarkan Awal Ramadhan 1443 Hijri from Sunday 3 April 2022

Register your email to Subscribe to news delivered directly to your mailbox

Chairman of PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Photo: nu.or.id)

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU melalui Lembaga Falakiyah PBNU mengikhbarkan awal Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada lusa, Ahad 3 April 2022.

Ikhbar itu didasarkan atas hasil rukyatul hilal pada Jumat 1 April 2022 petang di sejumlah tempat. Where, laporan dari perukyat di seluruh Indonesia tak dapat melihat hilal.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengatakan bahwa dalam rangka penentuan awal Ramadhan 1443 Hijri, Tim Rukyatul Hilal PBNU yang berada di bawah koordinasi Lembaga Falakiyah PBNU pada Jumat 29 Sya’ban 1443 Hijriah atau 1 April 2022 Messiah, telah melakukan rukyatul hilal bil fi’li di 50 lokasi yang telah ditentukan di seluruh Indonesia.

Laporan Lembaga Falakiyah PBNU di seluruh lokasi tempat dilakukannya rukyatul hilal bil fi’li itu tidak berhasil melihat hilal, sehingga umur bulan Sya’ban 1443 Hijriah adalah 30 hari atau dengan kata lain istikmal (disempurnakan).

Atas dasar istikmal tersebut dan sesuai dengan pendapat empat madzhab dengan ini, PBNU mengikhbarkan atau memberitahukan awal bulan Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad Wage 3 April 2022 Messiah,” kata Gus Yahya di Lantai 3 Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164 Central Jakarta, on Friday 1 April 2022 evening, didampingi Wakil Ketua Umum PBNU KH Zulfa Musthofa dan Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf.