The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian

Normal Plane Passengers

Register your email to Subscribe to news delivered directly to your mailbox
NORMAL: Dua pesawat Citilink melakukan aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi kemarin. Photo : radarbanyuwangi.jawapos.com

Penumpang pesawat di Bandara Banyuwangi berangsur-angsur kembali normal pasca peniadaan mudik angkutan Lebaran 2021. Even, empat maskapai penerbangan juga kembali menerbangi langit Banyuwangi.

Sejak Bandara Banyuwangi dibuka kembali untuk penerbangan komersial pada (18/5) until Tuesday (25/5), tercatat total penumpang keberangkatan dan kedatangan mencapai 2.588 person, dengan jumlah total pergerakan pesawat udara mencapai 64.

”Untuk maskapai yang melakukan penerbangan juga sudah mulai kembali normal yakni Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, dan Wings Air,” ujar Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Banyuwangi Cin Asmoro.

Jumlah penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara Banyuwangi kembali normal dengan hari-hari biasa saat pandemi.

Sebagai upaya mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, Bandara Banyuwangi hingga kini masih menerapkan peraturan terkait protokol kesehatan seperti yang disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Perhubungan (Ministry of Transportation).

Bandara Banyuwangi telah melakukan mitigasi seperti pemeriksaan calon penumpang pesawat melalui electronic Health Alert Card atau e-HAC. Besides that, tim pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan selalu mengimbau penumpang untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Not only that, tahapan prosedural calon penumpang melalui pemeriksaan e-HAC dan dokumen kesehatan persyaratan perjalanan penerbangan juga terus diberlakukan.

”Kami juga memiliki thermal scanner di pintu kedatangan. Artinya antisipasi masih sama dan diterapkan secara ketat guna mengantisipasi penyebaran virus korona,” jelas Cin.

Bandara Banyuwangi juga menyediakan failitias rapid test antigen dan GeNose untuk calon penumpang.

”Pelayanan rapid test antigen dan GeNose ini untuk mengantisipasi penumpang yang belum melakukan tes pemeriksaan kesehatan Covid-19 sebagai syarat perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara dalam masa pandemi Covid-19 yang divalidasi oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (CCP) Probolinggo di bandara,” tandas Cin. (d/a/c1) (bw/ddy/als/JPR)

Source : https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2021/05/28/263974/penumpang-pesawat-berangsur-normal