Gandrung Sewu Semakin Digemari

0
1128

festival-gandrung-sewu-tahun-ini-melibatkan-1-082-penari-mereka-berasal-kalangan-pelajar-di-banyuwangi

GANDRUNG Sewu tahun ini mengusung tema Seblang Lukinto. Agar tampil kompak, seluruh peserta parade mengikuti geladi bersih di Pantai Boom sore kemarin (16/9). Seluruh komponen pada Festival Gandrung Sewu, seperti penari gandrung, drama teater, dan penabuh,  terlibat dalam geladi bersih itu.

Secara keseluruhan geladi bersih lancar, tapi dilaporkan ada tiga penari yang pingsan lantaran kepanasan. Meski masih geladi bersih, masyarakat sangat antusias menonton. Ratusan penonton berjubel menyaksikan geladi bersih sore kemarin.

Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko;  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), M. Yanuarta Bramuda; dan Kabag Protokol Pemkab, Juang Pribadi, hadir menyaksikan geladi bersih. Plt. Disbudpar Banyuwangi, M. Yanuarta Bramuda, mengatakan  tema yang diusung dalam Festival  Gandrung Sewu tahun ini adalah Seblang Lukinto. Nanti akan diperagakan gigihnya rakyat Blambangan  menumpas penjajah.

”Kalau di Gandrung Sewu sebelumnya kita kalah dengan penjajah. Namun, pada Gandrung Sewu kali ini kita berhasil menumpas penjajah,” kata Bram, panggilan akrabnya. Dia menambahkan,bagi masyarakat yang ingin menyaksikan Gandrung Sewu nanti sore diharapkan datang sebelum acara  dimulai.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last