Gandrung Sewu Semakin Digemari

0
359

festival-gandrung-sewu-tahun-ini-melibatkan-1-082-penari-mereka-berasal-kalangan-pelajar-di-banyuwangi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GANDRUNG Sewu tahun ini mengusung tema Seblang Lukinto. Agar tampil kompak, seluruh peserta parade mengikuti geladi bersih di Pantai Boom sore kemarin (16/9). Seluruh komponen pada Festival Gandrung Sewu, seperti penari gandrung, drama teater, dan penabuh,  terlibat dalam geladi bersih itu.

Secara keseluruhan geladi bersih lancar, tapi dilaporkan ada tiga penari yang pingsan lantaran kepanasan. Meski masih geladi bersih, masyarakat sangat antusias menonton. Ratusan penonton berjubel menyaksikan geladi bersih sore kemarin.

Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko;  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), M. Yanuarta Bramuda; dan Kabag Protokol Pemkab, Juang Pribadi, hadir menyaksikan geladi bersih. Plt. Disbudpar Banyuwangi, M. Yanuarta Bramuda, mengatakan  tema yang diusung dalam Festival  Gandrung Sewu tahun ini adalah Seblang Lukinto. Nanti akan diperagakan gigihnya rakyat Blambangan  menumpas penjajah.

”Kalau di Gandrung Sewu sebelumnya kita kalah dengan penjajah. Namun, pada Gandrung Sewu kali ini kita berhasil menumpas penjajah,” kata Bram, panggilan akrabnya. Dia menambahkan,bagi masyarakat yang ingin menyaksikan Gandrung Sewu nanti sore diharapkan datang sebelum acara  dimulai.

Loading...

Kendaraan roda empat dan roda dua yang dibawa masyarakat diharapkan tidak dipaksa masuk ke Pantai Boom. Pihak penyelenggara telah menyediakanlahan parkir di Lapangan Nabati,  di pintu masuk Pantai Boom.  ”Agar lalu lintas di Pantai Boom  lancar, warga harus tertib memarkir kendaraannya di luar area  Pantai Boom,” serunya.

Geladi bersih kemarin merupakan pemantapan akhir dari seluruh komponen pertunjukan Gandrung Sewu hari ini. Pada geladi bersih kemarin persiapan yang dilakukan sudah hampir mencapai 100 persen. ”Penari akan menunjukkan tarian yang lebih atraktif pada Gandrung  Sewu kali ini,” kata Bram.

Pada Festival Gandrung Sewu kali ini beberapa tamu undangan akan hadir menyaksikan tari kolosal itu.  Tamu yang dipastikan hadir adalah dari Kementerian Pariwisata, perwakilan dari Pemprov Jatim, dan beberapa tamu undangan dari kabupaten lain, seperti  Jakarta, Lampung, Karang Anyar,  dan lain sebagainya.

”Kapolda Jawa Timur beserta istrinya Insya- Allah hadir,” pungkasnya. Wakil Bupati, Yusuf Widyatmoko, dalam kesempatan kemarin juga sempat melakukan cek panggung di Pantai Boom.  Dia juga memastikan bahwa Festival Gandrung Sewu kali ini akan berbeda dengan tahun  sebelumnya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat yang hadir hari ini lebih tertib saat menonton. Seluruh penari diharapkan tetap kompak dan menampilkan pertunjukan yang benar-benar spektakuler. ”Setiap tahun selalu ada yang baru kreasi tariannya. Masyarakat silakan datang ke  Pantai Boom untuk menyaksikan tari gandrung kolosal ini,” jelas Yusuf. (radar)

Loading...

Baca Juga :