Gedung Baru Pemkab masih Tahap Lelang

0
131

BANYUWANGI – Rencana pembangunan gedung Pemkab Banyuwangi yang telah di anggarkan APBD tahun anggaran 2013 sebesar Rp 35 miliar tampaknya molor dari rencana awal. Hingga kemarin (3/5), proses lelang dan tender proyek pembangunan fisik tersebut belum tuntas. Untuk menggarap proyek ter sebut, pemkab awalnya berencana melaksanakan lelang Februari 2013.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tetapi, hingga memasuki Mei 2013, proses lelang masih belum tuntas. “Saya pesimistis proyek kantor pemkab senilai Rp 35 miliar itu bisa selesai,” kata anggota Komisi VI DPRD Banyuwangi, Gunawan Satria Pratama, kemarin (3/5). Dalam proyek gedung baru Pemkab Banyuwangi senilai Rp 35 miliar itu, jelas Gunawan, ada tiga unit bangunan berlantai tiga yang akan dibangun. Bila sampai saat ini proses lelang belum selesai, maka proyek itu sangat sulit tuntas di akhir Desember 2013 .

Saat ini masih proses lelang, dan itu masih lama pengerjaannya,” terangnya. Bila dihitung dengan waktu, lanjut dia, proses lelang hingga ke luarnya surat perintah kerja (SPK) membutuhkan waktu minimal 1,5 bulan. “Sekarang masih lelang, paling cepat proyek digarap akhir Juni 2013 atau awal Juli 2013 mendatang,” jelas anggota Fraksi Partai Demokrat itu.

Dengan melihat waktu yang ter batas, Gunawan tak yakin pengerjaan proyek gedung baru pemkab senilai Rp 35 miliar itu bisa tuntas tepat waktu. “Kita hi tung saja, Juni 2013 hingga Desember 2013 hanya ada tu juh bulan. Apa mungkin tujuh bu lan bisa tuntas (membangun tiga unit gedung tiga lantai),” ce tusnya. Menurut Gunawan, pe ngerjaan dimulai Juni 2013 belum ter masuk pembongkaran gedung yang ada saat ini.

Loading...

Pembongkaran bangunan itu butuh  waktu yang tidak pendek. “Mem bongkar gedung lama bu tuh waktu lama,” bebernya. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang (DisPU, BM, CK, danTR) Banyuwangi, Mujiono, saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengaku optimistis pem bangunan gedung baru pem kab itu bisa selesai akhir De sember 2013. “Semua sudah di hitung. Saya optimistis bisa dikerjakan,” katanya.

Mujiono mengakui, proyek gedung baru Pemkab Banyuwangi senilai Rp 35 miliar itu sedang dalam proses lelang. Hanya, saat ini sudah mulai memasuki penawaran dan pemenang tendernya akan segera di umumkan. “Dua pekan lagi pemenang tender sudah di ke tahui,” terangnya. Dari proses lelang dan tender itu, Mujiono menyatakan semua akan selesai minggu ketiga Mei 2013 ini. Selanjutnya, proyek itu akan dikerjakan Juni 2013 mendatang.

“Tujuh bulan pengerjaan selesai,” ujarnya penuh yakin. Bila dilihat dari faktor volume, lanjut dia, proyek gedung Pemkab Banyuwangi senilai Rp 35 miliar itu tampaknya cukup besar. Tetapi, dengan proyek yang qualified dan dikerjakan bersama-sama, maka proyek itu akan bisa dilaksanakan dengan cepat. “Pekerjanya banyak, jadi proyek akan cepat selesai,” sebutnya. (radar)

Loading...