Guru BK Bisa Jadi Sahabat Siswa

0
121

GENTENG – Guru Bimbingan Konseling (BK) diharapkan bisa menjadi partner yang baik bagi para siswa dalam mengatasi masalah terkait proses belajar-mengajar di sekolah. Untuk itu, guru BK harus kreatif dan bukan hanya sekadar menjalankan tugas formal di sekolah. Lebih dari itu, harus bisa menjadi sahabat yang baik bagi para siswa. Hal itu disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SMA Negeri 2 (Smada) Genteng Sabtu kemarin (16/2).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bupati menegaskan, sebaiknya pihak sekolah juga mendesain ruang BK agar nyaman bagi para siswa. Sehingga, ketika masuk ke dalam ruang BK, siswa yang ”nakal” tidak merasa canggung dan takut Kalau ruangannya terlihat formal, ditambah lagi guru BKnya terlihat kaku, maka siswa akan takut menyampaikan masalahnya,” tuturnya. Untuk itu, lanjut bupati, selain mendesain ruangan agar nyaman bagi para siswa, guru BK juga harus kreatif dalam mem berikan bimbingan.

Loading...

Guru BK harus ramah dan ha rus bisa memberikan rasa nya man bagi murid. “Misalnya, se belum diajak bicara, dikasih minum air mineral atau kasih permen dulu agar tenang. Siswa pun akan merasa nyaman menyam paikan masalahnya. Kalau perlu di setiap ruang BK harus ada permen dan air minum,” lanjutnya. Sementara itu, dalam sidak ke marin bupati juga melihat bangunan kuno, yakni salah ruang kelas di Smada Genteng.

Menurutnya, bangunan itu cukup bersahabat dengan alam dan menonjolkan fungsi ketimbang keindahan. Salah satu indikatornya adalah adanya ventilasi udara uang cukup banyak dan berlantai marmer. “Usahakan bangunan yang seperti ini dipertahankan. Siswa akan merasa nyaman, karena suhu di dalam ruangan tidak panas. Saya berharap sekolah-sekolah lain bangunan barunya seperti ini,” pinta Bupati Anas. (radar)

Loading...