Hama Keong Mas Serang Banyuwangi

0
1628

Hama-Keong-Mas-Serang-Banyuwangi.-Terutama-di-Persawahan-Desa-Dasri-Kecamatan-Tegalsari,-Banyuwangi.

TEGALSARI – Hama ‘keong mas’ menyerang beberapa daerah di Banyuwangi. Terutama di persawahan Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi yang semakin merepotkan para petani. Tanaman padi yang baru berumur beberapa minggu, kini terancam ludes dimakan keong.

Salah satu petani, Paini, 45, asal Dusun  Balokan, Desa Dasri, mengatakan sawahnya yang baru ditanami bibit padi banyak diserang  keong. Munculnya keong emas itu diketahui sejak sepekan lalu. “Sekarang air mudah,  tapi keong mulai banyak,” katanya.

Untuk membasmi keong emas yang memakan tanaman padi itu, petani harus menyempatkan  diri untuk mengambil keong di sawah dua hari sekali. Jika dibiarkan akan semakin merajalela, karena perkembangbiakan  keong emas itu cukup cepat. Selain itu, keong juga bisa merusak batang padi.

“Dua hari  sekali saya ambil keongnya,” ujar Paini. Untuk pembasmian secara masal, Paini mengaku tidak berani memakai obat pestisida. Dari pengalaman yang  pernah dilakukan, tidak berhasil tapi malah merusak tanaman padi.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Video Tim Medis Gunakan APD Evakuasi Korban Tergeletak di Jalan Viral