Hari Nusantara, BPPP Tenggelamkan 100 Coral di Pantai Grand Watudodol

0
240


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

WONGSOREJO – Memperingati Hari Nusantara, Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi tenggelamkan 100 terumbu karang jenis coral jahe atau Acropora Sp di pantai Grand Watudodol (GWD) Minggu (17/12).

Uniknya coral tersebut di pasang dalam media paralon dengan bentuk menyerupai kaktus. Media kaktus berfungsi sebagai media tanam, agar terumbu karang nanti tumbuh menyerupai bentuk yang diinginkan.

Sebelum dimasukkan ke dalam perairan media kaktus berukuran panjang satu meter tersebut dipasangi coral masing-masing pucuk cabangnya. Tiap cabang media kaktus diisi sebanyak empat coral.

Loading...

Kepala BPPP Banyuwangi, Achmad Subijakto mengatakan, jika sengaja menanam media kaktus tersebut di area trek spot menyelam. Area tersebut sudah disiapkan sebelumnya dan kini tinggal dipercantik dengan ditanami coral transplantasi. Media kaktus itu akan dibenamkan sejauh 50 meter dari bibir pantai GWD.

“Kami menaruh sebanyak 20 media kaktus di trek bawah laut dengan luas 15 meter dan kedalaman sekitar tujuh meter,” ujar Achmad Subijakto.

Achmad Subijakto juga menambahkan, nantinya trek tersebut juga akan diperluas mulai dari GWD hingga belakang kantor BPPP Banyuwangi. Selain untuk memperingati hari nusantara, penanaman coral tersebut diharapkan mampu mengembangkan potensi wisata di GWD. Dan menjadikan taman bawah laut GWD semakin cantik serta menarik pengunjung yang datang.

“Kami juga berharap Pokmaswas GWD ikut membantu memelihara taman bawah laut tersebut. Kami juga mengapresiasi nelayan sekitar karena sudah tidak memakai bom dan racun lagi untuk mencari ikan di sekitar pantai Selat Bali,” tandas Achmad Subijakto.(radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :