Hebat! Di Tangan Pria Ini, Arang Banyuwangi Diekspor ke Korea

0
439
Arang hasil produksi Mashud ini diminati Korea

GAMBIRAN-Usaha pembuatan arang ternyata cukup menggiurkan. Saat musim hujan seperti saat ini, permintaan justru malah banyak. Para pedagang sate dan ikan bakar, banyak yang memesan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Salah satu perajin arang, Mashud, 69, warga Dusun Mulyorejo, Desa Wrnginrejo, Kecamatan Gambiran, mengungkapkan permintaan arang kini meningkat. Peningkatan ini karena banyak produsen yang tidak mampu memproduksi akibat hujan. Sehingga, persediaan di pasar menjadi berkurang. “Usaha arang rumahan tidak bisa produksi karena hujan,” katanya.

Loading...

Selain permintaan lokal yang tinggi, terang dia, permintaan arang dari luar negeri cukup tinggi, terutama dari negara timur tengah dan Korea. Setiap bulan, berapa pun jumlah arang yang memenuhi standar bisa dikirim ke korea. “Kita dapat permintaan tiga kontainer dari Korea,” ungkapnya.

Hanya saja, lanjut dia, peluang itu tidak bisa diambil karena mengalami sedikit kesulitan dengan ketentuan yang diinginkan importir dari Korea. Arang yang diminta Korea itu, ukuran panjang delapan centimeter. “Panjang arang delapan centimeter ini agak menyulitkan,” jelasnya.

Mashud mengungkapkan jika permintaan itu disanggupi, harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memotong bahan baku kayu sebelum diproses menjadi arang. Sedangkan harga arang yang diinginkan Korea hanya selisih Rp 300 per kilogram.

“Harga arang di pasar lokal Rp. 3.500 tanpa ukuran panjang delapan centimeter, sedang di Korea berani membeli Rp 3.600 per kilogram dengan syarat panjang delapan centimeter,” ungkapnya. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya