Heran, Perampok Gudang Garam Bisa Tahu Brankas Yang Berisi Uang

0
167

Kondisi-kantor-rokok-Gudang-Garam-di-Dusun-Kebalen-Kidul,-Desa-Lemahbang-Dewo,-Kecamatan-Rogojampi,-Banyuwangi.

ROGOJAMPI – Aksi perampokan kantor Gudang Garam di Dusun Kebalen Kidul, Desa Lemahbang Dewo, Kecamatan  Rogojampi, belum terungkap. Pelaku  diduga paham kondisi kantor perwakilan produsen rokok ternama itu. Dari dua  brankas yang diduga ada di kantor tersebut,  pelaku paham brankas yang berisi uang Rp 200 juta.

Sementara itu, hingga kemarin (27/5) polisi masih mengidentifikasi dan memburu sepuluh pelaku. Beberapa saksi sudah  dimintai keterangan di Polsek Ro gojampi. Selain memeriksa saksi, polisi juga akan melakukan pendalaman di lokasi  perkara.

Beberapa bukti dan petunjuk sudah diperoleh petugas dari gudang rokok tersebut. Namun, polisi belum bisa membeberkan temuan yang diperoleh  di lapangan. “Itu masih dalam ranah  penyidikan. Kami belum bisa beberkan secara detail,” ujar AKP Stevie  Arnold Rampengan Kasatreskrim Polres Banyuwangi kemarin (27/5).

Loading...

Polisi masih berharap bisa menemukan petunjuk di lapangan agar bisa segera  memburu pelaku. Termasuk dugaan kemungkinan adanya orang dalam yang terlibat, Stevie belum bisa memastikan. Dugaan itu sempat muncul karena  pelaku begitu kenal lokasi dan karakteristik gedung perusahaan rokok tersebut.

Informasi yang diterima, pelaku dengan cepat melumpuhkan satpam  kantor. Kemudian, pelaku  menuju ruang penyimpanan uang. Di dalam kantor itu dikabarkan  ada dua brankas. Namun, pelaku  diduga paham betul di dalam brankas yang dijebol itu ada uang  cukup banyak, yakni Rp 200 juta.

Sementara itu, brankas satunya nyaris tidak dijamah pelaku. Itu yang memunculkan dugaan adanya keterlibatan orang dalam. Namun, Stevie buru-buru menepis anggapan itu. Sebab, pihaknya masih berupaya mengumpulkan petunjuk  dan bukti yang ada di lapangan.

Terkait pelaku yang berbahasa Madura, menurut Stevie, hal itu belum bisa menjadi petunjuk kuat.  Meski begitu, fakta itu bisa menjadi  titik awal untuk mulai mengidentifikasi pelaku. Selain itu, Polres Banyuwangi juga akan menerjunkan tim resmob ke lapangan.

Seperti diberitakan kemarin, aksi  perampokan terjadi di kantor rokok Gudang Garam yang beralamat di Dusun Kebalen Kidul, Desa Lemahbang Dewo, Kecamatan Rogojampi, Kamis dini hari (26/5). Dengan membawa senjata tajam  (sajam) berupa celurit, para pelaku yang diperkirakan berjumlah  sepuluh orang itu menjarah kantor  rokok Gudang Garam.

Dua satpam yang sedang jaga,  Edo, 23, dan Joko, 25, kawanan peram pok itu dilumpuhkan dengan  cara kedua tangannya diikat menggunakan  tali rafia. Bukan itu saja, kedua petugas keamanan itu mulutnya juga dibungkam lakban.

Keduanya mengalami luka sayatan sajam di telapak tangan. Dalam beraksi, komplotan pelaku menggunakan dua unit mobil. Mereka berhasil menggondol uang tunai  Rp 200 juta dan sejumlah barang berharga lain. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :