Izin Mati Tetap Beroperasi

0
316

BANYUWANGI – Puluhan pusat pelayanan kesehatan di Banyuwangi ternyata izin operasionalnya sudah kedaluwarsa. Dari 53 pusat pelayanan kesehatan yang beroperasi, hanya lima unit yang surat izinnya masih lengkap. Sebanyak 48 pusat pelayanan kesehatan swasta yang lain masa berlaku izinnya sudah habis.

Berdasar data Dinas Kesehatan Banyuwangi, izin operasional pusat layanan kesehatan yang habis pada tahun 2008 sebanyak sembilan unit. Yang izinnya habis tahun 2009 adalah enam unit, tahun 2010 tiga unit, dan 2011 juga tiga unit. Sementara itu, pusat layanan kesehatan swasta yang masa berlaku izinnya habis tahun 2012 berjumlah empat unit. Yang habis tahun 2012, rata-rata habis mulai bulan Februari.

Lima pusat layanan kesehatan yang sudah mengantongi izin operasional adalah Pusat Kesehatan Perkebunan Kalibendo, Pusat Layanan Kesehatan Perkebunan Sumber Wuni, dan Pusat Layanan Kesehatan Annisa Bakti. Sumberayu Medika Muncar dan Pusat Layanan Kesehatan PT. KAI Kalipuro masih memiliki izin operasional hingga 2015.

Tahun 2013 mendatang, ada dua pusat pelayanan kesehatanyang masa berlaku izinnya akan habis Ironisnya, walau banyak klinik yang masa berlaku izinnya habis sejak tahun 2008, tapi sampai sekarang pemilik klinik tersebut belum melakukan perpanjangan izin. Lebih ironis lagi, puluhan klinik kesehatan itu masih tetap melayani pasien.

Loading...

Tidak hanya klinik, beberaparumah sakit (RS) swasta juga ada yang masa berlaku izin operasionalnya sudah habis. Berbeda dengan klinik, semua RS swasta itu kini sedang mengajukan izin baru sekaligus kenaikan status RS menjadi lebih tinggi. Seperti yang dilakukan RS Islam Fatimah, RS Al-Huda Gambiran, RS Islam, RS Yasmin, dan RS NU Mangir.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Bulan Vitamin A, Ketua PKK Banyuwangi Ajak Orang Tua Bawa Balita ke Posyandu